Potensi Industri Pariwisata Ibu Kota Baru di Kaltim Menurut ASITA...

Kompas.com - 27/08/2019, 16:05 WIB
Rumah adat Dayak di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. BARRY KUSUMARumah adat Dayak di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lokasi di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara ditunjuk sebagai calon ibu kota baru Indonesia. Presiden Joko Widodo mengatakan selama tiga tahun terakhir telah dilakukan kajian mendalam untuk memilih calon ibu kota baru.

Ketika sebuah daerah ditunjuk menjadi calon ibu kota baru, bagaimana potensi berkembangnya industri pariwisata di daerah tersebut?

"Tentunya menjadi lebih bagus, karena (status) ibu kota berarti ada jaminan fasilitas yang bagus dan lengkap, infrastrukturnya juga bagus," kata Ketua Umum ASITA (Association of the Indonesia Tours & Travel Agencies) Dr. N. Rusmiati, M.Si.

Rusmiati mengatakan ketika sebuah daerah statusnya menjadi ibu kota, dapat dipastikan industri pariwisata akan langsung melejit. Mengingat infrastruktur merupakan andalan industri pariwisata.

" Kalimantan Timur ini sudah bagus (infrastrukturnya), apalagi kalau ditunjuk menjadi ibu kota," kata Rusmiati.

Ia mencontohkan banyak destinasi wisata ternama di dunia memiliki status ibu kota. Contohnya Bangkok, ibu kota Thailand yang menjadi kota paling banyak dikunjungi pada 2018. Di bawah Bangkok ada London, ibu kota Inggris dan Paris ibu kota dari Perancis.

Ketika sektor pariwisata melejit, kebutuhan akan akomodasi bagi wisatawan juga meningkat.

"Bukan cuma wisatawan, nantinya juga pasti ada banyak pebisnis. Jadi pertumbuhan hotel akan mengikuti saat dibuat jadi ibu kota. Tak usah jauh-jauh, seperti di Jakarta saja," jelas Rusmiati.

Di Penajem Paser Utara dan Kutai Kartanegara sendiri ada banyak destinasi wisata unggulan. Wisata di dua wilayah itu seperti Air Terjun Tembinus, Penangkaran Rusa Penajam, Pantai Nipah Nipah, Wisata Alam Bangkirai, Tanjung Isuy yang mayoritasnya Suku Dayak Beuaq, Pulau Kumala, Desa Brubus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X