Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Habiskan 18 Potong Ayam Goreng, Ini RM Padang Favorit BJ Habibie

Kompas.com - 12/09/2019, 15:38 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com -  Presiden Indonesia ketiga BJ Habibie dikenal sangat gemar menyantap makanan padang di Rumah Makan Padang Sari Bundo, di Ir. H. Juanda No.27.

Rizal sebagai karyawan yang sudah berkerja selama 15 tahun di Rumah Makan Sari Bundo Juanda Jakarta, mengenal akrab Bapak Teknologi Indonesia itu.

Baca juga: BJ Habibie Suka Makan Barongko, Apakah Itu?

"Sering ketemu, saya yang melayani kalau beliau (BJ Habibie) ke sini, saya yang menyediakan apa yang beliau mau. Kalau yang paling disuka oleh bapak (BJ Habibie) ya itu ayam goreng" jelasnya kepada KompasTravel saat ditemui di Rumah Makan Padang Sari Bundo, di Ir. H. Juanda No. 27, (12/09/2019) siang.

Foto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.KOMPAS.COM / YANA GABRIELA WIJAYA Foto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.

Rizal menceritakan bagaimana BJ Habibie yang lahap menghabiskan 18 potong paha ayam goreng yang disajikan hangat-hangat.

Pria asli Padang itu menceritakan bagaimana dirinya yang disuruh menghitung berapa banyak ayam goreng yang disantap BJ Habibie.

Baca juga: Mengenang BJ Habibie Lewat 3 Camilan khas Makasar Favoritnya

"Kalau Bapak (BJ Habibie) sukanya ayam goreng, bagian paha kalau dulu sebelum sakit, ayam goreng bisa 18 potong, bagian paha dihabiskan sendiri," ujar Rizal.

"Nasinya sedikit, memang bapak paling suka ayam goreng itu dan paling suka bagian paha. Ayamnya kalo pas panas-panasnya langsung lahap makannya bapak," paparnya

"Biasanya sehabis makan saya disuruh hitung berapa habisnya ayam yang dimakan sama bapak. Saya jawab 18 sambil saya acungi jempol. Dan Bapak tertawa," kenang Rizal.

Baca juga: OBITUARI: Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Humas BNPB dalam Kenangan

Memiliki kegemaran menyantap ayam goreng, BJ Habibie juga sering menjadikan sambel pete sebagai hidangan pendamping saat memakan ayam goreng.

Rizal pelayan di RM Sari Bundo yang dipercaya BJ Habibie saat dirinya berkunjung di RM Sari Bundo berdiri di samping kursi yang selalu menjadi tempat duduk saat Alm. BJ Habibie mampir ke RM Sari Bundo.KOMPAScom / Gabriella Wijaya Rizal pelayan di RM Sari Bundo yang dipercaya BJ Habibie saat dirinya berkunjung di RM Sari Bundo berdiri di samping kursi yang selalu menjadi tempat duduk saat Alm. BJ Habibie mampir ke RM Sari Bundo.
"Kalau makan ayam goreng biasanya pakai sambel pete. Sama pete-petenya dimakan. Gulai otak kadang dimakan, ayam gulai itu juga dimakan. Tapi yang paling disuka ya itu ayam goreng" Jelasnya

Rizal juga mengatakan bahwa minuman kesukaan dari BJ Habibie adalah jus alpukat dan jus buah lainnya.

Baca juga: BJ Habibie, Sate Maranggi dan Cerita Kuliner Indonesia Favoritnya...

"Minumnya jus alpukat, dan juga jus sari buah, sirsak," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com