Spaghetti Saus Tempe, Apa Rasanya Tanpa Daging?

Kompas.com - 18/11/2019, 12:00 WIB
Spaghetti saus tempe memiliki rasa tak jauh berbeda dari spaghetti bolognese biasa Spaghetti saus tempe memiliki rasa tak jauh berbeda dari spaghetti bolognese biasa

TANGERANG, KOMPAS.COM – Saat menyantap spaghetti bolognese, salah satu elemen yang menambah tekstur serta rasa adalah daging sapi cincang. Namun, apa jadinya ketika daging sapi cincang tersebut diganti menjadi tempe?

Spaghetti bolognese dengan saus tempe ini jadi salah satu makanan unik yang disajikan dli Festival Tempe 2019 yang diselenggarakan di Museum Benteng Heritage, Pasar Lama, Tangerang, Sabtu (16/11/2019).

Spaghetti saus tempe ini mengkreasikan olahan saus bolognese yang sudah terkenal sebagai salah satu saus favorit dan klasik dalam kreasi spaghetti.

Ketika Kompas.com mencoba olahan spaghetti ini, ternyata hampir tak ada bedanya dengan rasa spaghetti bolognese pada umumnya. Rasa asam dari saus bolognese berpadu nikmat dengan spaghetti yang lembut.

Baca juga: Tips Mengolah Tempe dengan Cara Sehat Agar Nutrisi Terjaga

Tempe yang terkandung di dalam saus pun hampir tak terasa seperti tempe. Tekstur yang sudah hancur, memberi kesan seakan sedang memakan kacang yang dihaluskan.

Walaupun begitu, tetap ada sedikit rasa tempe yang khas di dalamnya.

Rasa tempe yang menggantikan daging sapi ini berpadu sempurna dengan dengan saus bolognese. Tempe juga menjadikan tekstur spaghetti lebih kering dibandingkan dengan saus spaghetti dengan daging giling yang lebih berminyak.

Meskipun disajikan tanpa daging dan diganti dengan tempe, nyatanya spaghetti bolognese ini tetap nikmat saat disantap. 

Ilustrasi tempeshutterstock Ilustrasi tempe

Dijelaskan dalam Festival Tempe 2019, spaghetti dengan saus tempe ini sangat mudah untuk dibuat. Pada dasarnya, proses pembuatan saus spaghetti tempe ini tak berbeda dengan saus bolognese pada umumnya.

Setelah mencampur bahan dasar saus bolognese seperti tomat merah, bawang bombay, bawang putih, minyak zaitun, serta garam, gula, dan merica, tinggal mencampur tempe saja.

Tempe yang akan dicampur sebelumnya dikukus dulu selama kurang lebih lima menit, lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk.

Baca juga: Selain Tempe Goreng, Tempe Bisa Diolah jadi Burger dan Cookies

Berbagai bumbu khas Italia seperti oregano dan bay leaves juga sebaiknya dicampurkan untuk tetap memberi rasa spaghetti khas Italia yang otentik.

Setelah tercampur rata, saus tinggal dimasak sebentar hingga matang dan siap untuk dicampurkan ke dalam pasta spaghetti yang sudah direbus hingga matang. Spaghetti saus tempe pun siap untuk disajikan.

Baca juga: Tips Membeli Oleh-oleh Tempe Mendoan di Purwokerto

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X