Menikmati Suasana Khas Pantai Kuala Dhoe

Kompas.com - 25/11/2019, 22:00 WIB
Pantai Kuala Dhoe, di Desa Kuala Dhoe,  Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (23/11/2019). KOMPAS.com/MASRIADI Pantai Kuala Dhoe, di Desa Kuala Dhoe, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (23/11/2019).

ACEH JAYA, KOMPAS.com - Jam menunjukan pukul 15.00 WIB. Lima wisatawan duduk bersantai sembari ditemani terik mentari di Pantai Kuala Dhoe, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (23/11/2019).

Semilir angin bertiup tanpa henti. Menggoyang pohon pinus sepanjang pantai di pesisir barat, Provinsi Aceh itu.

Suasana pinggir pantai kian lengkap dengan kehadiran pondok kecil semacam warung yang menampung enam para wisatawan untuk bersantai.

Baca juga: Wisata Meulaboh Aceh, Wajib Mampir ke Masjid Agung Baitul Makmur

Di sisi lain pantai terdapat ayunan, sehingga kian memanjakan siapa pun pengunjung yang singgah untuk menikmati pantai yang dikelola warga lokal tersebut.

Pantai ini sungguh bersih. Nyaris tanpa sampah selembar pun.  Di bagian lain, terlihat bangunan kecil selebar satu meter persegi.

Di sini, biasanya masyarakat lokal memancing ikan sore hari. Sementara itu, di seberang pantai terdapat pulau kecil di tengah laut. Pulau itu menjadi pemanis tersendiri.

Baca juga: Gurihnya Mi Rusa di Pantai Barat Aceh, Mau Coba?

Wisatawan di Pantai Kuala Dhoe, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (23/11/2019). KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan di Pantai Kuala Dhoe, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (23/11/2019).
"Kalau sore selalu ramai. Biasanya wisatawan yang melintas dari dan menuju Aceh Barat atau kabupaten lainnya di pesisir barat Provinsi Aceh ini,” kata Subhan, pengunjung yang datang bersama teman-teman kantornya dari Banda Aceh.

Pantai Kuala Dhoe ini boleh dibilang salah satu pantai yang bisa ditemukan bagi kamu yang menuju Aceh Barat dari Kota Banda Aceh.

Baca juga: Masjid Harun Keuchik Leumik di Banda Aceh, Indahnya...

Soal fasilitas tak perlu khawatir. Di pantai Kuala Dhoe tersedia musala dan sarana mandi, cuci, kakus (MCK) yang bersih, sehingga memudahkan wisatawan bersantai.

Datang ke pantai ini juga tanpa dikenakan biaya tiket dan biaya parkir. Cukup parkir di pinggir jalan raya nan luas itu. 

"Hanya makan dan minum saja yang bayar," kata Saiful, seorang pedagang di lokasi itu.

Wisatawan di Pantai Kuala Dhoe, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (23/11/2019). KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan di Pantai Kuala Dhoe, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (23/11/2019).
Sayangnya, sejumlah pantai di Aceh ini belum dipromosikan pada wisatawan, terutama mancanegara, sehingga keindahannya belum banyak diketahui. Itu juga diakui Saiful.

"Bule hanya sesekali datang ke mari,” katanya.

Saiful berharap Pemerintah Aceh Jaya semakin mengalakkan sektor pariwisata. Hal ini agar pendapatan masyarakat bibir pantai bukan hanya dari ikan, juga dari wisatawan.

Baca juga: Sehari Berburu Oleh-oleh di Pidie Aceh

Nah, singgahlah sejenak jika melintas di sisi barat Aceh. Nikmati semilir angin sejuk, menatap debur ombak nan bersih, sembari menikmati penganan khas Aceh yang sungguh nikmat.

Tak perlu khawatir soal akses, karena jalan menuju ke Pantai Dhoe cukup mulus, sehingga kian mudah untuk dijangkau.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X