Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Suasana Khas Pantai Kuala Dhoe

Semilir angin bertiup tanpa henti. Menggoyang pohon pinus sepanjang pantai di pesisir barat, Provinsi Aceh itu.

Suasana pinggir pantai kian lengkap dengan kehadiran pondok kecil semacam warung yang menampung enam para wisatawan untuk bersantai.

Di sisi lain pantai terdapat ayunan, sehingga kian memanjakan siapa pun pengunjung yang singgah untuk menikmati pantai yang dikelola warga lokal tersebut.

Pantai ini sungguh bersih. Nyaris tanpa sampah selembar pun.  Di bagian lain, terlihat bangunan kecil selebar satu meter persegi.

Di sini, biasanya masyarakat lokal memancing ikan sore hari. Sementara itu, di seberang pantai terdapat pulau kecil di tengah laut. Pulau itu menjadi pemanis tersendiri.

Pantai Kuala Dhoe ini boleh dibilang salah satu pantai yang bisa ditemukan bagi kamu yang menuju Aceh Barat dari Kota Banda Aceh.

Soal fasilitas tak perlu khawatir. Di pantai Kuala Dhoe tersedia musala dan sarana mandi, cuci, kakus (MCK) yang bersih, sehingga memudahkan wisatawan bersantai.

Datang ke pantai ini juga tanpa dikenakan biaya tiket dan biaya parkir. Cukup parkir di pinggir jalan raya nan luas itu. 

"Hanya makan dan minum saja yang bayar," kata Saiful, seorang pedagang di lokasi itu.

"Bule hanya sesekali datang ke mari,” katanya.

Saiful berharap Pemerintah Aceh Jaya semakin mengalakkan sektor pariwisata. Hal ini agar pendapatan masyarakat bibir pantai bukan hanya dari ikan, juga dari wisatawan.

Nah, singgahlah sejenak jika melintas di sisi barat Aceh. Nikmati semilir angin sejuk, menatap debur ombak nan bersih, sembari menikmati penganan khas Aceh yang sungguh nikmat.

Tak perlu khawatir soal akses, karena jalan menuju ke Pantai Dhoe cukup mulus, sehingga kian mudah untuk dijangkau.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/25/220000927/menikmati-suasana-khas-pantai-kuala-dhoe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke