4 Jenis Kereta di Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

Kompas.com - 15/12/2019, 08:10 WIB
Kereta KAI Dok. PT KAIKereta KAI


JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta api jarak jauh di Indonesia memiliki beragam macam jenis. Biasanya, penumpang hanya tahu KA Reguler dengan kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif.

Padahal, PT KAI, operator kereta api di Indonesia, punya beberapa kereta yang boleh dibilang jarang diketahui orang.

KA Reguler tersebut biasanya memiliki beberapa kereta atau gerbong yang dikhususkan seperti kereta wisata, kereta luxury, dan kereta istimewa.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo mengatakan terdapat beberapa kereta atau gerbong yang jarang diketahui oleh wisatawan.

Baca juga: Perbedaan Sub Kelas Kereta Api, Harga Termurah pada Huruf P dan Z

Setidaknya terdapat tiga kereta khusus yang memiliki fungsinya masing-masing.

"Ada kereta sleeper untuk tidur, delapan kereta wisata, dan satu lagi kereta istimewa," kata Edy ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (8/12/2019).

Selain itu, Edy mengatakan penumpang juga bisa memesan satu kereta langsung ke tujuan yang dinginkan.

"KAI juga melayani pemesanan rombongan di mana bisa memesan satu kereta atau bahkan satu rangkaian untuk langsung ke titik-titik yang diinginkan," ujarnya.

Adapun ketika perjalanan kereta, penumpang juga bisa melakukan rapat, diskusi, reuni, gathering, ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya di kereta tersebut.

Baca juga: 4 Kelas Kereta Api, Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Premium

Berikut jenis kereta-kereta khusus yang jarang diketahui:

1. Kereta Sleeper

Contoh kursi dalam kereta Sleeper Car terbaru dari PT KAI yng akan diopersikan untuk angkutan lebaran tahun 2018 ini.Kumparan (istimewa) Contoh kursi dalam kereta Sleeper Car terbaru dari PT KAI yng akan diopersikan untuk angkutan lebaran tahun 2018 ini.
Kereta ini terdiri dari dua kereta: Luxury 1 dan Luxury 2. Fasilitas yang ada di kereta Luxury 1 di antaranya, AC, toilet, rak bagasi, universal port, layar hiburan sentuh, reclining seat hingga 170 derajat.

Kapasitas dari kereta Luxury 1 ini bisa mencapai 18 penumpang. Tahun lalu, KAI merilis tiga kereta sleeper Luxury 1 yang dirangkaikan pada kereta Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X