Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2019, 08:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta api jarak jauh di Indonesia memiliki beragam macam jenis. Biasanya, penumpang hanya tahu KA Reguler dengan kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif.

Padahal, PT KAI, operator kereta api di Indonesia, punya beberapa kereta yang boleh dibilang jarang diketahui orang.

KA Reguler tersebut biasanya memiliki beberapa kereta atau gerbong yang dikhususkan seperti kereta wisata, kereta luxury, dan kereta istimewa.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo mengatakan terdapat beberapa kereta atau gerbong yang jarang diketahui oleh wisatawan.

Baca juga: Perbedaan Sub Kelas Kereta Api, Harga Termurah pada Huruf P dan Z

 

Setidaknya terdapat tiga kereta khusus yang memiliki fungsinya masing-masing.

"Ada kereta sleeper untuk tidur, delapan kereta wisata, dan satu lagi kereta istimewa," kata Edy ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (8/12/2019).

Selain itu, Edy mengatakan penumpang juga bisa memesan satu kereta langsung ke tujuan yang dinginkan.

"KAI juga melayani pemesanan rombongan di mana bisa memesan satu kereta atau bahkan satu rangkaian untuk langsung ke titik-titik yang diinginkan," ujarnya.

Adapun ketika perjalanan kereta, penumpang juga bisa melakukan rapat, diskusi, reuni, gathering, ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya di kereta tersebut.

Baca juga: 4 Kelas Kereta Api, Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Premium

Berikut jenis kereta-kereta khusus yang jarang diketahui:

1. Kereta Sleeper

Contoh kursi dalam kereta Sleeper Car terbaru dari PT KAI yng akan diopersikan untuk angkutan lebaran tahun 2018 ini.Kumparan (istimewa) Contoh kursi dalam kereta Sleeper Car terbaru dari PT KAI yng akan diopersikan untuk angkutan lebaran tahun 2018 ini.
Kereta ini terdiri dari dua kereta: Luxury 1 dan Luxury 2. Fasilitas yang ada di kereta Luxury 1 di antaranya, AC, toilet, rak bagasi, universal port, layar hiburan sentuh, reclining seat hingga 170 derajat.

Kapasitas dari kereta Luxury 1 ini bisa mencapai 18 penumpang. Tahun lalu, KAI merilis tiga kereta sleeper Luxury 1 yang dirangkaikan pada kereta Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

Sedangkan kereta Luxury 2 memiliki fasilitas seperti AC, toilet, rak bagasi, universal port, layar hiburan sentuh, reclining seat hingga 145 derajat. Kapasitas tempat duduknya bisa mencapai 26 penumpang.

Baca juga: Cara Mengganti Jadwal Tiket Kereta Api via KAI Access

Pada Mei 2019 lalu, kereta ini baru diluncurkan PT KAI yang dirangkaikan pada empat KA kelas eksekutif yaitu KA Argo Lawu (rute Gambir-Solo Balapan PP), KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan PP), KA Taksaka (rute Gambir-Yogyakarta PP), dan KA Gajayana (rute Gambir-Malang PP).

2. Kereta Wisata

Suasana di dalam gerbong kereta wisata Retro.Kementerian Pariwisata Suasana di dalam gerbong kereta wisata Retro.
Penumpang yang ingin berwisata dengan banyak orang menggunakan kereta api dapat menjadikan kereta wisata sebagai pilihan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com