Kompas.com - 16/12/2019, 17:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep makanan Korean Fusion mulai hadir di Indonesia khususnya di Jakarta. 

Secara garis besarExecutive Chef Restoran Shin The Korean Grill, David Shin mengatakan Korean Fusion adalah perpaduan atau percampuran antara makanan Korea atau cita rasanya dengan cita rasa budaya lain menjadi satu makanan. 

Lebih lanjut, ia mengatakan Korean Fusion dapat dilakukan terhadap makanan apapun asal tidak menghilangkan kekhasan cita rasa dari dua daerah.

Baca juga: Uniknya Pasta ala Korea di Restoran Korea Ramah Muslim Ini

“Misalnya di sini kan ada banyak Korean Fusion contohnya itu Black Bean Tagliatelle di restoran ini. Itu kan campuran dari Tagliatelle Fettucini dari Italia, dan bubuhan saus pasta kacang hitam yang begitu terkenal di Korea. Rasa dari keduanya tak boleh hilang, ini korean fusion,” kata David di Shin The Korean Grill,Kamis (12/12/2019)

David sering membuat makanan Korean Fusion di restorannya, seperti pasta dan daging panggang.

Menu pasta Korean Fusion yang telah ia hidangkan di antaranya, Oriental Basil Pesto Fettucini, Spicy Spaghetti Bolognese, Oriental Vongole, Korean Beef Ravioli, Bulgogi Penne, dan Black Bean Tagliatelle.

Untuk membuat makanan fusion, David mengingatkan kuncinya ada pada keaslian rasa makanan. 

“Jadi rasa asli itu yang utama, authentic, nah kan menjalarnya Korean Fusion ini ya dari Korean BBQ ya, itu sampai ke Indonesia juga. Hanya saja jangan sampai kita hilangkan kekhasan rasa Koreanya itu,” ujarnya.

Baca juga: Restoran Korea Fusion Ramah Muslim Buka di Jakarta Selatan

Seperti diketahui, demam masakan Korea memang tengah digandrungi masyarakat. Tak hanya film K-Drama, dan musiknya K-Pop saja yang dinikmati generasi milenial Indonesia, makanan Korea yang diawali dari Korean barbekyu juga memiliki tempat spesial di masyarakat.

Restoran korea khususnya di Jakarta juga semakin mudah ditemukan entah di pusat perbelanjaan, maupun di pinggir jalan raya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.