Catat, Pilihan Wisata Bareng Anak di Bandung Selatan

Kompas.com - 25/12/2019, 09:15 WIB
Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. KOMPAS.COM/RENI SUSANTIKawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain udara sejuk, Bandung Selatan selalu jadi tujuan menikmati pemandangan alam indah. Daerah ini juga memiliki tempat wisata alam yang wajib dikunjungi.

Bandung Selatan sendiri punya dua tempat wisata alam terkenal-- Ciwidey dan Pangalengan.

Baca juga: 4 Penginapan Murah di Bandung Selatan, di Bawah Rp 500.000-an

Untuk lebih lengkap, Kompas.com membuat rekomendasi wisata di Bandung Selatan, sehingga bisa jadi panduan berwisata di daerah Jawa Barat tersebut.

Ciwidey

1. Kawah Putih

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Air nya mulai naik lagi.. Kuy ah liburan tahun baru nya kesini aja #newyear #indonesia #jawabarat #kawahputih #ciwidey #bandung #juara #jabarjuara #piknik #travel #tours

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kawah Putih Ecotourism (@kawahputih_official) pada 17 Des 2019 jam 7:35 PST

Kawah Putih jadi salah satu tempat wisata Ciwidey yang ikonik. Kawah Putih adalah danau kawah dari Gunung Patuha yang punya ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut.

Kawah Putih terletak agak jauh di kaki Gunung Patuha, atau tepatnya di Jalan Raya Soreang, Ciwidey. Pengunjung perlu menaiki kendaraan menuju pintu masuk pejalan kaki.

Untuk menuju ke sana, ada dua pilihan: kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Kawah Putih ini unik karena kawahnya selalu berubah warna, menyesuaikan kadar belerang yang ada di dalam air. Udaranya dingin dan alam sekitarnya terlihat putih seperti hutan mati.

Harga tiket masuk kawah putih adalah Rp 18.000 per orang, namun belum termasuk tarif parkir dan harga angkutan umum yang mengangkut pengunjung dari dan ke lokasi kawah.

Baca juga: Menghabiskan Akhir Pekan di Kawah Putih Ciwidey

2. Memetik stroberi

Rasanya belum lengkap ke Ciwidey jika tidak memetik stroberi langsung di kebun. Di sepanjang Jalan Ciwidey kamu bisa memetik stroberi di kebun yang dibuka untuk umum.

Kamu bisa dengan bebas memetik stroberi yang sudah matang. Kamu tidak perlu bayar tiket masuk, cukup bayar buah stroberi yang sudah dipetik, Rp 30.000 – Rp 50.000 per kilogram.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X