Pasar Tegalan, Wisata Belanja Tradisional dengan Keping Bambu

Kompas.com - 06/01/2020, 10:40 WIB
Warga berbelanja di Pasar Tegalan yang ada di Tegalombo, Blotongan, Salatiga KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANAWarga berbelanja di Pasar Tegalan yang ada di Tegalombo, Blotongan, Salatiga

SALATIGA, KOMPAS.com - Kamu bosan berbelanja di toko modern dan ingin menikmati suasana pasar tempo dulu?

Tak ada salahnya mengunjungi Pasar Tegalan yang ada di Tegalombo, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Pasar yang buka setiap dua minggu sekali ini menawarkan pengalaman berbeda dalam setiap transaksi. Pengunjung mula-mula harus menukarkan uangnya ke sebuah booth.

Uang tersebut akan diganti dengan kepingan bambu. Satu keping, dihargai Rp 2000.

Baca juga: Saat Berlibur ke Luar Negeri, Cobalah Mampir ke Pasar Tradisional

Setelah itu, pengunjung bisa berbelanja aneka makanan tradisional dan khas Salatiga. Mulai dari nasi jagung, grontol, lupis, aneka bubur, aneka sayur, tumpang koyor, serta jamu.

Pasar tradisional ini jadi area warga yang rindu dengan masa lalu. Tak sedikit pula yang mengajak keluarga dan anaknya untuk menikmati aneka makanan sembari menghirup kesegaran udara khas pedesaan.

Bahkan, beberapa komunitas sepeda menjadikan Pasar Tegalan sebagaitujuan akhir setelah gowes berkilo-kilo meter. Di tempat ini, mereka istirahat sembari menyantap aneka makanan.

Baca juga: Deira, Pasar Tradisional Paling Ikonik di Dubai

Lurah Blotongan, Aditya Bagas Ranggajaya, mengatakan di wilayahnya ada lahan hijau seluas 17 hektare.

"Sebagian dimanfaatkan warga untuk Pasar Tegalan ini. Semangatnya adalah konservasi alam, dan bisa mengangkat perekonomian," paparnya, Minggu (5/1/2020).

Rangga mengungkapkan, selain Pasar Tegalan, saat ini juga dikembangkan camping ground serta wisata petik sayur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X