4 Cara Menentukan Telur Busuk atau Telur Segar

Kompas.com - 12/01/2020, 13:10 WIB
Ilustrasi telur KariHoglundIlustrasi telur


JAKARTA, KOMPAS.com - Hati-hati saat memilih telur untuk dimasak. Telur busuk tak hanya mempengaruhi aroma makanan, tetapi jika dikonsumsi, telur busuk akan membahayakan kesehatan tubuh.

Chef President of Association of Culinary Professionals sekaligus Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso dan Pastry Chef Pullman Jakarta Feri Sulfian, memberikan tips untuk memilih telur yang segar.

1. Bantuan lampu

"Cara memilih biasanya bisa dilakukan dengan melihat dengan lampu atau cahaya terang, supaya terlihat bentuk bulat kuningnya," jelas Stefu saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (12/1/2020).

2. Lihat bagian kuning dan putih telur

Namun, menurut Stefu, cara terbaik adalah membuka telur. Lalu lihat kuning telur dan putih telurnya.

Telur yang busuk bagian putihnya akan cair dan tidak kental.

3. Aroma

Selain itu, cium aroma telurnya. Telur yang baik tidak akan tercium bau busuk yang menyengat. Telur dengan kualitas baik juga tidak memiliki bau amis yang kuat.

Baca juga: Tips Simpan Bahan Makanan Agar Awet Saat Terjebak Banjir

"Caranya yang paling aman adalah membukanya dan mencium aromanya. Hati-hati saat membuka telur, jangan sampai tercampur dengan adoanan," jelas Feri kepada Kompas.com, Minggu (12/1/2020).

Telur busuk memiliki aroma busuk yang sangat kuat. Sekalinya masuk ke dalam masakan maka akan menimbulkan bau busuk yang sangat tidak sedap.

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat memecahkan telur. Saat pecahkan telur, beri wadah terpisah di bawahnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X