Negara-negara Ini Akan Evakuasi Warganya dari Wuhan, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 28/01/2020, 18:10 WIB
foto dok Dinsos Aceh, Sejumlah mahasiswa asal Aceh yang terisolasi di Wuhan, Minggu (26/01/2020). KOMPAS.COM/TEUKU UMARfoto dok Dinsos Aceh, Sejumlah mahasiswa asal Aceh yang terisolasi di Wuhan, Minggu (26/01/2020).

KOMPAS.com – Amerika Serikat dan banyak negara lain mulai bergerak untuk mengeluarkan warga negara mereka dari Wuhan, Hubei, China.

Wuhan, daerah asal wabah virus corona, ditutup Pemerintah China sejak beberapa hari lalu. Kota-kota lain di Provinsi Hubei, yang berdekatan dengan Wuhan, juga ditutup.

Sejumlah negara bersiap mengeluarkan warganya mulai Selasa (28/1/2020). Langkah ini diambil karena peningkatan yang terinfeksi menjadi sekitar 4.500 orang, serta korban jiwa 106 orang.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Terjadi 20.000 Pembatalan Wisata di Jepang

Pemerintah Amerika Serikat, Perancis, dan Jepang, misalnya, mengumukan rencana evakuasi lewat udara kepada warganya yang masih terjebak di China.

Dilansir laman Channel News Asia, penerbangan charter dari Amerika Serikat dijadwalkan meninggalkan Wuhan pada Selasa (28/1/2020) untuk membawa staff konsulat dan beberapa warga negara Amerika Serikat.

Namun, evakuasi tersebut akan ditunda hingga Rabu (29/1/2020) tanpa alasan yang jelas.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Kemenparekraf Alihkan Promosi Wisata ke Negara Lain

Perancis juga mengumumkan akan mengevakuasi warganya keluar dari kota tersebut di pertengahan pekan ini. Jepang juga punya rencana serupa.

Jepang, seperti dilansir laman CNN, akan mengirimkan penerbangan charter pertama ke Wuhan untuk proses pemulangan warganya pada Selasa (28/1/2020) malam waktu setempat. Hal tersebut dilakukan setelah berhasilnya proses negosiasi dengan pemerintah China.

Penerbangan charter tersebut akan meninggalkan Wuhan pada Rabu (29/1/2020) pagi dan akan tiba di Tokyo pada tengah hari waktu setempat, menurut Menteri Luar Negeri Jepang Tohimitsu Motegi.

Baca juga: Virus Corona China dan Dampaknya pada Pariwisata Bali

Pesawat ini juga akan mengirimkan masker dan pelindung medis khusus serta bisa memulangkan sekitar 200 orang. Ada sekitar 650 warga Jepang masih terjebak di Wuhan.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X