Banyak Hoaks Virus Corona di Singapura, Buat Masyarakat dan Turis Panik

Kompas.com - 18/02/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi patung Merlion di Singapura. Dok. Shutterstock/BouleIlustrasi patung Merlion di Singapura.

Gardens by the Bay di Singapore.
visitsingapore.com Gardens by the Bay di Singapore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu dampak dari adanya wabah virus corona adalah menyebarnya hoaks ( hoax) atau berita bohong.

Banyak hoaks seputar kondisi Singapura pasca status oranye yang jadi tantangan tersendiri bagi Singapore Tourism Board (STB) yang harus mereka hadapi.

Status oranye tersebut artinya penyebaran wabah virus sangat serius dan berdampak luas pada kesehatan publik.

“Apalagi dari Whatsapp banyak sekali mengatakan sekolah-sekolah ditutup, situasi panik, orang takut ke supermarket dan bandara sepi tidak ada orang. Itu tidak benar,” jelas Area Director STB untuk Indonesia, Mohamed Firhan Abdul Salam ketika ditemui Kompas.com pada Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Imbas Virus Corona, Singapura Kehilangan 20.000 Wisatawan Setiap Hari

Isi supermarket Singapura sempat diborong oleh masyarakat setempat setelah status wabah virus corona di Singapura berubah menjadi oranye.

"Kondisi supermarket sampai kehabisan sembako itu terjadi hanya dua hari pasca diumumkan status berubah jadi oranye. Namun kondisi langsung berbalik setelah perdana menteri menjamin kondisi tetap aman," kata Executive Director Singapore Tourism Board South East Asia International Group, John Gregory Conceicao. 

Saat ini John menyatakan kondisi Singapura kondusif dan aman bagi wisatawan yang ingin berlibur. Logistik makanan di Singapura juga tercukupi.

Namun Firhan tak memungkiri, hoaks memengaruhi masyarakat Singapura dan wisatawan yang berniat akan datang ke Singapura.

Hal itu sudah berdampak cukup signifikan pada jumlah wisatawan internasional pasca virus corona melanda Singapura.

“Rasa takut masyarakat juga jadi tantangan. Mereka tunda rencana perjalanan karena ketakutan yang tidak wajar. Sebenarnya kalau mereka tetap pergi ya situasinya masih baik-baik saja.”

Baca juga: Singapura Prediksi Penurunan Wisatawan hingga 30 Persen akibat Virus Corona

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X