Raja Belanda ke Candi Prambanan, Ini Panduan Nonton Sendratari Ramayana Prambanan

Kompas.com - 11/03/2020, 19:02 WIB
Sosok Anoman dalam Sendratari Ramayana yang dilaksanakan di Candi Prambanan. SHUTTERSTOCK/EVANTRAVELSSosok Anoman dalam Sendratari Ramayana yang dilaksanakan di Candi Prambanan.

KOMPAS.com - Dalam kunjungannya ke Indonesia, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti bertandang ke Yogyakarta.

Mereka berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan sejumlah tempat lain termasuk menyaksikan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan.

Baca juga: Sejarah, Peraturan Unik dan Wisata Keraton Yogyakarta

Sendratari Ramayanan atau disebut juga Ramayana Ballet menjadi atraksi menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Viral di Twitter Netizen Debat Siapa Pendiri Candi Prambanan, Ini Sejarahnya

Menyaksikan kisah Ramayana dalam balutan seni drama dan tarian tanpa dialog. Kompas.com telah merangkum keistimewaan Sendratari Ramayana dan juga Candi Prambanan.

Candi Prambanan berlokasi di Jalan Raya Solo - Yogyakarta Nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman. Tiket untuk dewasa Rp 50.000 dan tiket masuk untuk anak-anak 25.000.

Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara

Candi Prambanan dengan tinggi bangunan utama 47 meter.SHUTTERSTOCK/WINDU_DOLAN Candi Prambanan dengan tinggi bangunan utama 47 meter.

Candi Prambanan disebut sebagai candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dengan tinggi bangunan utama sekitar 47 meter.

Bukan hanya satu, melainkan terdapat ratusan candi di kompleks Candi Prambanan. Terdapat lebih dari 250 candi kecil yang berada di lahan seluas 39,8 hektar.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Akses Transportasi Umum ke Candi Prambanan

Terdapat 3 candi utama, 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, dan 8 Candi Patok di halaman utama. Sementara 244 Candi Perwara terletak di halaman kedua.

Melansir berita Kompas.com, Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung Maha Sambu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X