Gunung Bromo dan Semeru Tutup Sementara untuk Cegah Virus Corona

Kompas.com - 18/03/2020, 23:03 WIB
Pemandangan Gunung Bromo dari Penanjakan 2, Probolinggo, Jawa Timur. Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafPemandangan Gunung Bromo dari Penanjakan 2, Probolinggo, Jawa Timur.

KOMPAS.com - Demi mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ), Gunung Bromo dan Semeru tutup sementara pada 19-31 Maret 2020.

Penutupan yang dilakukan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) berdasarkan sejumlah surat edaran.

Baca juga: Update: 55 Tempat Wisata yang Tutup di Jawa Tengah untuk Cegah Corona

Surat edaran tersebut di antaranya Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Surat Edaran Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, serta Surat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga: Nepal Tutup Pendakian Gunung Everest karena Virus Corona

"Kebijakan penutupan sementara itu, merupakan upaya Balai Besar TNBTS mencegah penyebaran COVID-19 lebih luas kepada masyarakat, petugas, dan pengunjung wisata," ungkap Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedie, mengutip dari Antara, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Wulan Kepitu, Saatnya Menikmati Udara Bersih di Gunung Bromo

Tampak suasana ramai di kawah Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur.Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tampak suasana ramai di kawah Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur.

Menurut John, penutupan sementara Gunung Bromo dan Semeru akan dievaluasi secara berkala dengan memperhatikan kebijakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta pemerintah daerah.

John menegaskan, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik, tetapi tetap waspada untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Masyarakat, kami minta tetap tenang, dan tidak panik, serta selalu waspada," ujarnya.

Wisatawan berkuda di kawasan Gunung BromoDok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf Wisatawan berkuda di kawasan Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata unggulan di wilayah Jawa Timur dan juga nasional.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara pada 2019 tercatat sekitar 690.831 orang.

 

Dari jumlah total tersebut, sebanyak 669.422 orang merupakan wisatawan Nusantara, sedangkan 21.409 lainnya merupakan wisatawan mancanegara.

Total penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari kunjungan wisatawan pada 2019 mencapai Rp 22,86 miliar.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

Baca juga: Panduan Lengkap Menghadapi Wabah Virus Corona

(Pewarta : Vicki Febrianto | Editor : Kelik Dewanto)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X