KBRI di Washington Imbau Turis Indonesia di AS Cepat Pulang ke Tanah Air

Kompas.com - 06/04/2020, 21:07 WIB
Manhattan, New York PIXABAY/PexelsManhattan, New York

KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, Amerika Serikat (AS), mengimbau turis Indonesia di AS agar segera kembali ke Indonesia.

Turis Indonesia yang dimaksud adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di AS dalam rangka bepergian atau berwisata, melakukan perjalanan singkat, dan tidak menetap di negara tersebut.

“Tujuannya agar para WNI traveller tersebut tidak mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi," ujar Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Washington DC, Yudho Sasongko, melalui pesan singkat kepada ANTARA di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Yudho menjelaskan saat ini banyak negara sudah menutup pintu masuk dan frekuensi penerbangan keluar AS sudah semakin berkurang.  

Baca juga: Bandara Internasional Phuket di Thailand Tutup Mulai 10 April 2020

Sebaliknya, KBRI di Washington DC berpesan bagi WNI yang merupakan penduduk, termasuk pelajar dan mahasiswa, untuk tidak kembali ke Tanah Air di tengah pandemi COVID-19, apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

“Disarankan pula agar terus mencermati setiap perkembangan terkait wabah virus corona, mematuhi dan menjalankan peraturan maupun imbauan atau executive order yang dikeluarkan otoritas setempat,” kata Yudho.

Pengantar barang mengendarai sepedanya menyeberangi 7th Avenue di kawasan Times Square yang kosong akibat meluasnya penularan virus COVID-19, di wilayah Manhattan, New York, Amerika Serikat, Senin (23/3/2020).ANTARA FOTO/REUTERS/CARLO ALLEGR Pengantar barang mengendarai sepedanya menyeberangi 7th Avenue di kawasan Times Square yang kosong akibat meluasnya penularan virus COVID-19, di wilayah Manhattan, New York, Amerika Serikat, Senin (23/3/2020).

Imbauan tersebut merupakan salah satu dari sejumlah imbauan yang telah dan terus disampaikan oleh KBRI dan perwakilan-perwakilan RI lainnya di Amerika Serikat.

WNI yang berada di AS sebagai penduduk, pelajar maupun mahasiswa (bukan pengunjung) juga diminta untuk tetap menjalin kontak dengan Perwakilan RI terdekat.

Baca juga: Turis Indonesia Diimbau Tunda Perjalanan ke Singapura

Para WNI di AS pun diminta untuk saling mengontak dan membantu, serta bergotong royong dalam meningkatkan solidaritas dan kepedulian sesama.

Mereka juga diminta untuk tidak mudah meneruskan berita-berita yang belum tentu benar dan menyaring informasi yang diterima secara bijak sebelum dibagikan ke orang lain.

KBRI Washington DC, bersama Konsulat Jenderal RI di Chicago, Houston, Los Angeles, New York, dan Fransisco, serta Perutusan Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York juga terus berkoordinasi untuk memastikan kehadiran negara dengan menjamin perlindungan dan memberikan bantuan.

 

Termasuk menyediakan nomor darurat yang dapat dihubungi terutama untuk situasi darurat.

Baca juga: Tempat Wisata Indoor dan Hiburan di China Tutup Kembali untuk Cegah Corona

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X