BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Jangan Khawatir, #DiRumahAja Tetap Bisa Berlibur dan Menghasilkan Foto Liburan Unik

Kompas.com - 23/04/2020, 11:07 WIB
Kreativitas Rory Southworth berlibur di dalam ruma Dok. Instagram @rorysouthworthKreativitas Rory Southworth berlibur di dalam ruma
Penulis Agung Dwi E
|

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memaksa para traveler untuk menunda sementara rencana melancong. Saat ini, aktivitas di luar rumah memang sedang dibatasi untuk menekan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Pemerintahan negara-negara di dunia bahkan mengatur ketat pergerakan penduduknya. Beberapa di antaranya menerapkan kebijakan lockdown, seperti di Italia. Beberapa lainnya menerapkan physical distancing berskala besar, seperti di Indonesia.

Dengan kebijakan tersebut, jangankan berlibur, keluar rumah pun tidak bisa leluasa lagi. Sebab, tentu ada kekhawatiran bakal terpapar virus corona tipe baru dan terkena Covid-19.

Marty Pollak dan Monica Palenzuela, pasangan traveler asal New York, Amerika Serikat, terkena imbas keberadaan pandemi tersebut. Mereka terpaksa membatalkan rencana menjelajahi Gunung Patagonia, Argentina.

Rencananya, Pollak dan Palenzuela bertolak dari New York ke Patagonia pada 19 Maret 2020. Pasangan pelancong ini sudah merencanakan perjalanan seru selama lima bulan.

Diawali dengan mendaki Gletser Perito Moreno, lalu menjelajahi Torres del Paine. Kota Santiago dan Buenos Aires di Argentina akan menutup itinerary panjang Pollak dan Palenzuela.

“Kita membuat rencana, tapi Tuhan yang menentukan,” ujar Palenzuela sambil terkekeh, seperti dikutip dari The New York Times.

Baca juga: Ingin Liburan ke Korea? Yuk Jalan-jalan ke 6 Tempat Wisatanya Lewat Tur Virtual

Rory Southworth, traveler dari Lancaster, Inggris, juga tak bisa melakukan aktivitas yang digemarinya. Ia tak bisa berlari menyusuri gunung, berselancar di lautan, menjelajahi sungai-sungai indah, maupun menghirup udara segar di alam terbuka.

Namun, pandemi Covid-19 ternyata tidak menghentikan keinginan wisatawan berlibur. Para pelancong ini memang tidak bisa keluar rumah. Namun, dengan memaksimalkan kreativitas, liburan di rumah bisa dibuat seakan-akan seperti liburan di luar rumah.

Cara Unik Pollak dan Palenzuela mengisi liburan di rumah.The New York Times Cara Unik Pollak dan Palenzuela mengisi liburan di rumah.

Baik Pollak dan Palenzuela maupun Southworth memutar otak untuk tetap melaksanakan misi liburan. Mereka tetap menjalankan rencana perjalanan yang sudah dibuat meski di dalam rumah.

Tidak cuma liburan di rumah, mereka juga menghasilkan konten-konten unik liburan di rumah serasa liburan outdoor.

Pollak dan Palenzuela, misalnya, membuat studio foto dadakan di rumah untuk sesi foto serasa di gunung. Pasangan ini juga memanfaatkan tiap sudut rumah untuk dijadikan spot foto.

“Kami menemukan kesenangan dengan apa yang kami lakukan. Menjalankan itinerary liburan di rumah dari hari ke hari membantu kami menyadari dua hal penting. Pertama, liburan tersebut akan menjadi hal paling menyenangkan. Kedua, kami tetap bisa berlibur (ke Patagonia) tahun depan,” ujar Palenzuela.

Baca juga: Hari Bumi, Berikut 7 Tips Liburan Ramah Lingkungan Kelar Pandemi Corona

Southworth lebih gila lagi. Ia tidak hanya memanfaatkan sudut rumah untuk spot foto. Ia bahkan menyulap sudut rumahnya sebagai spot liburan.

Teranyar, Southworth mengubah ruangan kecil apartemennya seperti site camp di Himalaya, Nepal. Keunikan liburan di rumah ala Southworth tersebut bisa dilihat di akun Instagramnya, @rorysouthworth.

Anda pun bisa menjalani liburan di rumah dan menghasilkan konten foto maupun video unik seperti yang dilakukan Pollak, Palenzuela, dan Southworth. Caranya mudah kok. Anda cukup berkreasi dengan segala yang ada di rumah.

Nah, berikut ini Kompas.com rangkumkan tips-tips unik berlibur di rumah serasa berlibur di luar rumah. Dengan tips ini, Anda bisa #BetterAtHome sembari menyegarkan otak dengan liburan.

Buat tema liburan

Anda bisa membuat tema liburan yang seakan-akan seperti liburan di luar. Misalkan saja liburan ke gunung, pantai, atau ke kota eksotis. Anda juga dapat memilih tema dari liburan yang pernah dilakukan atau rencana liburan yang gagal.

Liburan tema laut di rumah ala Rory Southworth. Rory Southworth Liburan tema laut di rumah ala Rory Southworth.

Contohnya seperti apa yang dilakukan Pollak dan Palenzuela. Mereka melakukan setiap detail itinerary perjalanan ke Gunung Patagonia yang gagal di rumah. Imajinasikan sekreatif mungkin liburan di rumah dengan tema liburan yang dibuat.

Siapkan itinerary

Agar lebih seru, siapkan pula rencana perjalanan liburan atau itinerary. Jadi, saat menjalankannya, Anda dapat pula merasakan nuansa liburan dan merasakan kesenangan seperti berlibur di luar rumah.

Siapkan baju atau perlengkapan tambahan

Karena konsepnya dibuat seperti seolah-olah berlibur di luar, Anda pun harus menyiapkan baju dan perlengkapan tambahan sesuai tema liburan yang dibuat. Misalnya, ketika memilih liburan di gunung, Anda bisa menyiapkan jaket tebal, penutup kepala, bahkan tenda.

Jika tema liburan ke pantai, Anda pun siapkan baju dan perlengkapan yang sesuai dengan tema tersebut. Bisa kaca mata hitam, kursi santai, topi besar yang biasa dipakai di pantai, dan lain sebagainya.

Manfaatkan tiap sudut rumah

Anda bisa memanfaatkan tiap sudut sebagai spot liburan. Halaman rumah, kamar, ruang keluarga, balkon, bahkan kamar mandi pun bisa disulap menjadi spot liburan yang unik.

Kemudian, atur spot-spot tersebut agar berasa sesuai dengan tema liburan. Pasang beberapa perlengkapan tambahan yang telah disiapkan agar feel liburannya makin terasa.

Baca juga: Liburan Ditunda, Saatnya Rapikan Foto-foto Traveling

Jalankan rencana liburan dan abadikan momen

Setelah semuanya siap, Anda bisa menjalankan rencana liburan di rumah ala outdoor. Ikuti detail demi detail itinerary yang telah dibuat.

Jangan lupa saat menjalani liburan di rumah tersebut, Anda juga mengambil foto atau video untuk mengabadikan momen. Buat pose-pose foto seperti Anda melakukan liburan di luar rumah.

Ilustrasi liburan di rumahShutterstock. Ilustrasi liburan di rumah

Anda bisa mengambil selfie di dalam tenda yang didirikan di halaman rumah atau di ruang keluarga. Anda juga bisa membuat konten video yang menceritakan keseruan saat berlibur di rumah.

Unggah hasil foto atau konten video ke media sosial, seperti Instagram. Pasang tagar yang unik, misalkan #tantanganliburandirumah, atau sematkan tagar yang sudah ada, seperti #TravelAtHomeChallange, di unggahan tersebut.

Baca juga: Oppo Reno3 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Nah, agar lebih compact dan enggak ribet untuk memotret maupun membuat konten video, Anda bisa memanfaatkan kamera yang ada di smartphone. Saat ini, kamera di ponsel pintar sudah cukup baik untuk mengambil foto maupun video.

Meski begitu, enggak ada salahnya juga memilih ponsel yang sudah memiliki lensa dan fitur fotografi seperti kamera profesional agar foto dan video yang dihasilkan makin bagus.

Smartphone Oppo Reno3 bisa menjadi pilihan terbaik untuk urusan fotografi. Ponsel terbaru Oppo ini sudah dibekali 5 kamera canggih.

Empat kamera belakang Oppo Reno3 terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera telephoto 13 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera mono 2 MP. Sementara, kamera depan sudah beresolusi jumbo 44 MP dan dilengkapi fitur Ultra Night Selfie.

Baca juga: Mengukir Sejarah Baru, OPPO Reno3 Hadir dengan Kekuatan Kamera 108MP

Oppo Reno3 ini sudah dibekali fitur-fitur yang bakal memanjakan pengguna. Fitur Ultra Clear 108MP Image di ponsel ini bisa menghasilkan foto dengan resolusi supertinggi sehingga mampu menampilkan detail dengan baik. Warna foto yang dihasilkan pun sangat jernih.

Fitur Super Macro 3cm juga tak kalah hebat. Dengan fitur ini, objek kecil bisa ditangkap dengan detail yang tajam, sama seperti objek berukuran normal. Masih banyak fitur fotografi lainnya di Oppo Reno3, seperti 5x Hybrid Zoom, Ultra Wide Angle, dan Ultra Dark Mode.

Oppo juga sudah membekali Reno3 dengan Oppo Screen Image Engine (OSIE). Lewat fitur ini, konten yang diunggah di Story Instagram akan tetap berkualitas bagus.

Nah, dengan menggunakan Oppo Reno3, rencana liburan di dalam rumah bakal makin seru, unik, dan menyenangkan. Anda benar-benar bisa #BetterAtHome selama karantina mandiri.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya