Ancol Siapkan Protokol Khusus New Normal Pariwisata

Kompas.com - 05/06/2020, 21:05 WIB
Sea World, Ancol. dok. Taman Impian Jaya AncolSea World, Ancol.

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna menyambut kembali wisatawan saat new normal, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyiapkan serangkaian protokol khusus.

"Protokol khusus akan menjadi standar baru dalam pelayanan kepada pengunjung, dan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder saat akan dilakukan pembukaan kembali,” kata Head of Corporate COmmunication Ancol, Rika Lestari, kepada Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Tutup Saat Lebaran, Begini Kondisi Ancol di Tengah Pandemi Corona

Adapun kebijakan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Penerapan sistem pembelian tiket secara daring melalui ancol.com, serta pembayaran non-tunai.
  2. Pengunjung akan dibatasi secara bertahap sampai 50 persen per hari, melihat situasi dan kondisi.
  3. Calon pengunjung wajib melakukan reservasi sebelum kedatangan.
  4. Pengunjung wajib memakai masker, dan melalui prosedur pengecekkan suhu tubuh.
  5. Pengunjung dianjurkan untuk sering mencuci tangan di tempat yang telah disediakan, atau menggunakan hand sanitizer.
  6. Pengunjung wajib menerapkan jaga jarak di semua area, termasuk antrean wahana, restoran, dan fasilitas lain dalam kawasan Ancol.

Rika menuturkan, standar operasional prosedur (SOP) baru ini akan segera disosialisasikan kepada masyarakat.

Namun, sosialisasi dilakukan sesaat setelah ada kepastian tanggal pembukaan Ancol.

“Hal ini dimaksudkan agar para calon pengunjung dapat mempersiapkan diri, dan mengikuti seluruh ketentuan yang berlaku saat akan berekreasi ke Ancol,” tutur Rika.

Baca juga: Bukan Cuma Dufan, Ancol Punya Banyak Wahana Menghibur

Petugas PPSU naiki wahana yang Ada di Dufan, Ancol Taman Impian Jakarta Utara pada Kamis (18/7/2019)JIMMY RAMADHAN AZHARI Petugas PPSU naiki wahana yang Ada di Dufan, Ancol Taman Impian Jakarta Utara pada Kamis (18/7/2019)
Tidak hanya itu, pengunjung juga diharap benar-benar memastikan dirinya dalam kondisi sehat.

Ketentuan tersebut berlaku bagi seluruh pengunjung, baik regular maupun pemegang annual pass.

Selain bagi pengunjung, SOP juga berlaku bagi karyawan. Termasuk tenaga alih daya, vendor perusahaan, mitra restoran, serta stakeholder lainnya.

“Manajemen Ancol juga akan menggiatkan edukasi agar semua pihak dapat menerapkan perlaku hidup bersih dan sehat dengan menyediakan pengecekkan suhu tubuh, dan memperbanyak titik tempat cuci tangan,” kata Rika.

“Juga penyediaan cairan hand sanitizer, dan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Serta membuat papan imbauan demi kebaikan dan kenyamanan bersama di kawasan Ancol,” lanjutnya.

Baca juga: Panduan Wisata Pantai di Kawasan Ancol

Sebelumnya, Ancol menutup sementara seluruh tempat rekreasi mulai 14 – 27 Maret 2020. Namun, mereka memperpanjang penutupan hingga waktu yang belum ditentukan.

Hal tersebut mengacu pada kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

Serta penetapan status tanggap darurat Covid-19 oleh Pemprov DKI Jakarta, dan Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 160/SE/2020.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X