Wisata ke Sabang Aceh, Turis Harus Bawa Surat Bebas Covid-19

Kompas.com - 10/06/2020, 08:09 WIB
Pantai Gapang, Sabang, Aceh, Selasa (20/9/2011). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMOPantai Gapang, Sabang, Aceh, Selasa (20/9/2011). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Wisatawan dari luar Aceh mulai berdatangan kembali ke Kota Sabang sejak daerah tersebut membuka kembali destinasi wisata di daerah setempat. Sabang terbuka bagi wisatawan yang mengantongi surat sehat dan bebas Covid-19.

"Mulai pagi ini saya lihat masyarakat dari Medan dan Pekanbaru sudah mulai datang untuk berwisata ke Kota Sabang," kata Kepala Unit Pelaksanan Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Ulee Lheu di Banda Aceh, Muhammad Isa di Banda Aceh, Selasa (9/6/2020), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Sabang Buka Kembali Pariwisata dan Transportasi Laut ke Sabang

Muhammad Isa menjelaskan untuk bisa memasuki Kota Sabang para penumpang wajib menunjukkan surat keterangan sehat dan bebas Covid-19.

"Jika penumpang dari luar Aceh wajib menunjukkan hasil swab berketerangan negatif Covid-19," kata Muhammad Isa.

Petugas dari PT Angkutan Sungai Danau Dan Penyebrangan (ASDP) Kota Banda Aceh melakukan penyemprotan disinfektan seluruh kapal penyebrangan dari Ulee Lheu Banda Aceh - Balohan, Sabang, Rabu (18/03/2020). Penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona di Aceh karena di Indonesia kasus Covid-19 terus melonjak.KOMPAS.com/RAJA UMAR Petugas dari PT Angkutan Sungai Danau Dan Penyebrangan (ASDP) Kota Banda Aceh melakukan penyemprotan disinfektan seluruh kapal penyebrangan dari Ulee Lheu Banda Aceh - Balohan, Sabang, Rabu (18/03/2020). Penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona di Aceh karena di Indonesia kasus Covid-19 terus melonjak.

Ia juga menjelaskan bahwa meskipun telah berlaku tatanan baru, kapal yang mengangkut para penumpang tujuan baik ke Kota Sabang maupun sebaliknya hanya berisi 50 persen dari kapasitas kapal.

Ia mengatakan, pihak pelabuhan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti para penumpang wajib mengenakan masker dan pengecekan suhu tubuh.

Penumpang yang baru tiba dari Kota Sabang, Mursalin di Banda Aceh mengatakan tidak keberatan dengan ketatnya peraturan di pelabuhan.

"Untuk pemeriksaan saat ini juga ketat dan alhamdulillah lancar-lancar saja, di kapal juga diberlakukan jaga jarak di antara tempat duduk para penumpang," kata Mursalin. (Zubaidah/M Razi Rahman)

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X