2 Hambatan Penerapan Protokol Kesehatan di Tiga Gili, Apa Saja?

Kompas.com - 29/08/2020, 16:32 WIB
Ilustrasi Gili Air. SHUTTERSTOCKIlustrasi Gili Air.

KOMPAS.com – Sejumlah usaha pariwisata di tiga Gili, yakni Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan, mulai beroperasi kembali sejak Sabtu (27/6/2020) dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

Namun dalam penerapannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Utara Vidi Eka Kusuma mengatakan, terdapat beberapa hambatan yang harus dihadapi.

“Kendala semacam biaya operasional dari yang bersangkutan. Mereka mau buka usaha harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menerapkan protokol kesehatan,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Adapun, biaya ekstra yang dimaksud adalah penyediaan alat untuk memeriksa suhu tubuh serta pengadaan fasilitas cuci tangan yang memadai dan sesuai standar protokol kesehatan aman Covid-19.

Baca juga: Gili Trawangan, Keliling Pulau Cantik Bebas Polusi

Alhasil, dari sekitar 800 usaha pariwisata di tiga Gili, kurang dari 20 persen saja yang sudah beroperasi kembali.

Sisanya, imbuh Vidi, sebagian usaha pariwisata masih belum beroperasi kembali dan sedang mengarah ke pembukaan kembali.

Belum terbiasa dengan protokol kesehatan

Selanjutnya, kendala lain yang dihadapi dalam penerapan protokol kesehatan adalah belum terbiasanya masyarakat setempat dalam mematuhinya.

Salah satunya adalah rajin memakai masker jika sedang berada di tempat umum, seperti berkunjung ke tempat wisata. Namun hal tersebut cepat diatasi oleh Vidi.

Suasana di kawasan wisata Gili Trawangan pasca-ditutup selama tiga bulan karena pandemi Covid-19, di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (13/6/2020). Pemerintah Kabupaten Lombok Utara siap menyambut fase new normal di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, menyusul kawasan wisata tiga gili itu masih berstatus zona hijau atau dinyatakan nol kasus positif Covid-19.KOMPAS.com/FITRI RACHMAWATI Suasana di kawasan wisata Gili Trawangan pasca-ditutup selama tiga bulan karena pandemi Covid-19, di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (13/6/2020). Pemerintah Kabupaten Lombok Utara siap menyambut fase new normal di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, menyusul kawasan wisata tiga gili itu masih berstatus zona hijau atau dinyatakan nol kasus positif Covid-19.

“Belakangan dari kami dan pihak kepolisian jalankan program Kampung Sehat. Sosialisasi kesadaran masyarakat untuk selalu pakai masker sehingga terlihat tiga Gili menjaga protokol kesehatan,” kata Vidi.

Sementara untuk rajin mencuci tangan dan langkah aman Covid-19 lainnya, masyarakat setempat sudah paham dan mulai terbiasa melakukannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X