Gili Trawangan, Keliling Pulau Cantik Bebas Polusi - Kompas.com

Gili Trawangan, Keliling Pulau Cantik Bebas Polusi

Kompas.com - 23/02/2016, 21:08 WIB
KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI Keindahan pemandangan pantai Gili Trawangan, Lombok Barat, NTB, Sabtu (9/7/2011). Sebagian besar yang berkunjung ke pantai yang berada di pulau Gili Trawangan tersebut merupakan wisatawan mancanegara.
KOMPAS.com - Ada tiga pulau kecil di Kabupaten Lombok Utara yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Gili Trawangan paling pertama naik daun, juga paling ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Tak heran, Gili Trawangan merupakan pulau cantik yang menjadi incaran pelancong mancanegara termasuk wisatawan domestik. Sebuah pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok dan masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Cara menuju Gili Trawangan bisa melalui Pulau Bali maupun Pulau Lombok. Banyak turis berkata Gili Trawangan seperti Bali tempo dulu. Pantai dengan pasir putih yang masih menawan, laut biru, dan salah satu hal yang unik adalah tidak ada kendaraan bermotor di pulau ini.

Cidomo menguasai pulau ini. Turis bisa naik delman yang biasa disebut cidomo untuk berkeliling pulau, cukup setengah jam saja sudah bisa berkeliling pulau. Pilihan lain adalah dengan menyewa sepeda dan keliling pulau tak berpolusi ini.

Tak sedikit turis yang mencoba lari mengelilingi pulau. Jalanan setapak beraspal dengan pantai di satu sis dan deburan ombak yang terdengar, menemani perjalanan mengelilingi pulau.

Di salah satu sisi pulau dipenuhi penginapan dan bar. Turis-turis kerap nongkrong hingga malam untuk berpesta. Di sisi lainnya adalah tempat resor yang lebih menawarkan kesunyian dan sepi.

Jangan lewatkan kesempatan untuk snorkling dan diving di Gili Indah. Gili Indah terdiri dari tiga pulau yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Air laut di Gili Indah begitu biru.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan dan cidomo di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/4/2014).
Apalagi di tengah terik matahari, air laut seakan menggiurkan ingin segera diselami. Air laut ini begitu jernih sehingga kedalaman 10 sampai 15 meter pun masih dapat terlihat dengan jelas.

Cara menuju Gili Trawangan

Untuk menuju Pulau Lombok bisa melalui jalur udara dan masuk lewat Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Lalu dari BIL arahkan perjalanan ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara. Bisa juga ke Senggigi menggunakan fastboat dari Bali.

Kisaran biaya taksi atau sewa mobil dari BIL sebesar Rp 250.000 - Rp 350.000. Bisa juga naik Damri sampai Senggigi, lalu dilanjutkan naik taksi. Lama perjalanan dari BIL ke Teluk Nara sekitar 2 jam.

Biasanya wisatawan lebih senang melalui Teluk Nara, sebab dari tempat parkir mobil ke speedboat sangat dekat. Sementara di Pelabuhan Bangsal, dari tempat parkir mobil harus berjalan kaki terlebih dahulu sampai dermaga atau naik cidomo (sejenis delman).

Dari Teluk Nara, pilihannya adalah menyewa speedboat. Bisa dibilang untuk menggunakannya maka harus menyewa satu kapal. Harganya bervariasi, namun diterapkan minimal orang yang naik.


Misalnya ada speedboat yang menawarkan harga Rp 400.000 untuk tiga orang. Setiap menambah satu orang, dikenakan tambahan Rp 50.000. Kapal cepat ini bisa memuat antara 10 sampai 15 orang. Ada banyak kapal tertambat di Teluk Nara yang bisa dipilih. Lama perjalanan kurang lebih 20 menit, tergantung cuaca.

EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X