Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2020, 13:36 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.comVanuatu merupakan negara paling bahagia di dunia dan berhasil menduduk peringkat keempat berdasarkan penilaian Happy Planet Index.

Mengutip situs resmi lembaga tersebut, Vanuatu berhasil mengalahkan Indonesia di peringkat ke-16, Jepang di peringkat ke-58, dan Amerika Serikat di peringkat ke-108 dari 140 negara yang ada di dunia.

Vanuatu, negara kepulauan di Samudra Pasifik, memiliki hubungan yang erat antar masyarakatnya meski memiliki kebudayaan yang beragam.

Baca juga: Turis Denmark Suka Wisata ke Papua dan Kalimantan, Ini Alasannya...

Eratnya hubungan antar masyarakat dimanfaatkan untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan mereka seperti resolusi konflik hingga perencanaan seremonial.

Selain memiliki masyarakat yang erat, negara tersebut juga memiliki sejumlah tempat wisata dan kegiatan menarik yang patut dikunjungi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar rekomendasi lima tempat wisata di Vanuatu yang Kompas.com rangkum dari Vanuatu.travel, Senin (28/9/2020).

1. Situs kuno Chief Roi Mata’s Domain

Chief Roi Mata’s Domain merupakan sebuah area yang memiliki tiga situs kuno asal awal abad ke-17 SM di kepulauan Efate, Lelepa, dan Artok.

Ilustrasi Vanuatu - Salah satu situs bersejarah dalam area Chief Roi Matas Domain yang bisa dikunjungi wisatawan.https://www.vanuatu.travel Ilustrasi Vanuatu - Salah satu situs bersejarah dalam area Chief Roi Matas Domain yang bisa dikunjungi wisatawan.

Ketiga situs arkeologi tersebut menceritakan kehidupan dan kematian seorang kepala suku terakhir bernama Roi Mata.

Pengunjung bisa melihat kediamannya, situs kematiannya, serta situs pemakaman massal anggota sukunya.

Sembari mempelajari kebudayaan masyarakat setempat, melihat situs bersejarah termasuk lukisan kuno di dinding dan patung-patung kuno, pengunjung juga bisa menikmati asrinya hutan lebat di sana dan keindahan pantai yang ada.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com