Pendakian Gunung Andong Siap Buka Kembali, Simak Protokol Kesehatannya

Kompas.com - 20/10/2020, 15:31 WIB
Matahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019) Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaMatahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019)

KOMPAS.com - Gunung Andong yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sebentar lagi akan membuka jalur pendakiannya.

Hal tersebut terungkap setelah dua basecamp pendakian Gunung Andong, yaitu via Pendem dan Sawit, menginformasikannya melalui akun Instagram resmi mereka @andongviapendem dan @infoandong.

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Ketua Panitia Basecamp Pendem Ahmad Marminudin mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan menghadapi pembukaan pendakian di masa pandemi.

Persiapan tersebut, kata dia, dilakukan dengan mengedepankan tujuh prinsip dasar menuju tatanan new normal sesuai instruksi Bupati Magelang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Persiapan Menuju Tatanan Kenormalan Baru Produktif dan Aman Covid-19.

Baca juga: Mendaki Gunung Andong yang Ramai seperti Pasar di Akhir Pekan

"Tujuh prinsip dasar itu adalah pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker sesuai regulasi, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala," kata Ahmad melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (20/10/2020).

Ia melanjutkan, prinsip dasar selanjutnya adalah menerapkan social distancing minimal 1 meter, tidak berkerumun, dan disiplin protokol kesehatan. 

Selain itu, Ahmad menambahkan bahwa untuk saat ini calon pendaki masih bisa melakukan pembelian tiket langsung di tempat atau offline.

Namun, ada satu catatan bahwa pengelola basecamp harus membatasi kapasitas pendaki sebesar 50 persen.

Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama khas Gunung Andong dengan Gunung Sindoro-Sumbing di ufuk barat.

"Untuk saat ini masih offline dengan catatan ada pembatasan pengunjung sebesar 50 persen," ujarnya.

Basecamp Pendem juga baru saja selesai melaksanakan uji coba simulasi pendakian yang didampingi langsung bersama Perum Perhutani dan Pemerintah Desa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X