4 Tips Mendaki Gunung Andong pada Hari Libur

Kompas.com - 20/03/2019, 20:11 WIB
Matahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019) Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaMatahari terbit dilihat dari puncak Gunung Andong. (10/03/2019)

MAGELANG, KOMPAS.com – Saat ini aktivitas pendakian menjadi tren yang banyak dilakukan masyarakat. Biasanya pendakian kerap dilakukan ketika hari libur, terlebih jika long weekend atau libur panjang.

Baca juga: Mendaki Gunung Andong yang Ramai seperti Pasar di Akhir Pekan

Tujuan pendakian pun kebanyakan adalah di gunung-gunung yang memang mudah didaki. Salah satu gunung favorit pendakian ketika hari libur adalah Andong di Jawa Tengah dengan ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Hampir pasti setiap hari libur Gunung Andong akan selalu diserbu oleh para pendaki. Jika ingin mendaki Gunung Andong di hari libur, ini dia 4 tipsnya:

1. Jika ingin berkemah, mendaki lebih awal

Jika pendakian ke Gunung Andong dilakukan pada hari Sabtu-Minggu dan ingin berkemah, maka lakukan pendakian pada Hari Sabtu maksimal menjelang sore. Hal itu karena pendaki Gunung Andong belum terlalu banyak.

Puncak Gunung Andong yang ramai bagai pasar di akhir pekan. (10/03/2019).Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Andong yang ramai bagai pasar di akhir pekan. (10/03/2019).

Jika pendakian dilakukan malam hari, maka sudah banyak pendaki yang mendaki Gunung Andong. Spot berkemah di puncak pun akan penuh dengan tenda pendaki sehingga kemungkinan besar tempat mendirikan tenda sudah tidak ada lagi.

Bahkan saking ramainya, biasanya tenda-tenda pendaki sampai menutupi jalan setapak di Puncak Gunung Andong. Mereka yang ingin berjalan harus melewati celah-celah sempit di antara tenda.

2. Tidak usah berkemah

Perjalanan ke puncak Gunung Andong dari Basecamp Pendakian Sawit biasanya berkisar antara satu sampai dua jam. Maka dari itu, tidak usah berkemah menjadi pilihan yang tepat saat mendaki gunung ini, baik di hari libur atau hari biasa.

Suasana pagi di puncak Gunung Andong yang ramai oleh pendaki. (10/03/2019)Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Suasana pagi di puncak Gunung Andong yang ramai oleh pendaki. (10/03/2019)

Khusus pendakian Gunung Andong di hari libur, tidak berkemah menjadi pilihan terbaik. Banyaknya pendaki akan membuat suasana di atas begitu ramai. Kemah di gunung yang biasanya ditemani kesunyian alam seolah berbalik 180 derajat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X