5 Fakta Menarik Seongyojang, Rumah Tradisional Milik Bangsawan Dinasti Joseon

Kompas.com - 24/10/2020, 09:09 WIB
Seongyojang House, rumah bangsawan asal Dinasti Joseon di Gangwon, Korea Selatan. https://www.gangwon.to/Seongyojang House, rumah bangsawan asal Dinasti Joseon di Gangwon, Korea Selatan.

 

KOMPAS.com – Korea Selatan memiliki sejumlah rumah tradisional yang bahkan masih dapat dilihat di kota-kota ternama, termasuk Seoul.

Namun, Negeri Ginseng juga memiliki rumah tradisional kelas elite bernama Seongyojang House di Gangwon.

Baca juga: Liburan ke K-Style Hub Korea, Ikut Kelas Masak dan Cicip Kuliner Korea

“Dahulu ini perumahan khusus orang-orang kaya. Wisatawan boleh masuk, bisa ikut tea ceremony. Berasa kayak bangsawan Korea,” kata Travel Blogger Kadek Arini dalam festival daring Muslim Friendly Korea Festival oleh Korea Tourism Organization (KTO) bertajuk "Explore With Love", Jumat (16/10/2020).

Seongyojang House, rumah bangsawan asal Dinasti Joseon di Gangwon, Korea Selatan.https://www.gangwon.to/ Seongyojang House, rumah bangsawan asal Dinasti Joseon di Gangwon, Korea Selatan.

Menurut informasi dalam Visit Korea, Seongyojang House merupakan rumah milik seorang bangsawan bernama Lee Nae-beon (1703–1781) dan keluarganya.

Saat ini, rumah tersebut masih ditempati oleh keturunan Lee Nae-beon, mengutip Gangneungtours.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut lima fakta menarik seputar Seongyojang House yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (21/10/2020):

1. Memiliki banyak ruangan

Sebagai rumah bagi bangsawan pada masa Dinasti Joseon, Seongyojang yang sudah berdiri selama lebih kurang 300 tahun memiliki 99 bagian rumah.

Seongyojang House, rumah bangsawan asal Dinasti Joseon di Gangwon, Korea Selatan.http://www.gangneungtours.com/ Seongyojang House, rumah bangsawan asal Dinasti Joseon di Gangwon, Korea Selatan.

Meski begitu, sejumlah ruangan tersebut dibangun secara terpisah, serta dikelilingi tanaman, tumbuhan, dan pepohonan yang asri.

Melansir Gangwon.to, menyatu dan memiliki harmoni dengan alam merupakan salah satu bagian dari budaya pembangunan rumah pada Dinasti Joseon.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X