Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2020, 08:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Kuningan memiliki desa wisata yang telah mendunia, yaitu Desa Wisata Cibuntu.

Prestasi yang ditorehkan adalah meraih urutan kelima desa wisata terbaik tingkat ASEAN untuk bidang homestay pada 2016.

Selain itu, pada 2017, desa ini juga berhasil terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Hal yang menarik dari desa wisata ini salah satunya keindahan alam di kaki Gunung Ciremai. Desa ini memiliki Air Terjun Gongseng yang memanjakan dan menyegarkan.

Baca juga: Uniknya Desa Wisata Cibuntu, Ada Kampung Kambing yang Bersih

Tidak sampai di situ, Desa Wisata Cibuntu juga terkenal karena kebersihannya. Terbukti dengan Kandang Kambing yang bersih juga jadi daya tarik wisata yaitu Kampung Kambing.

Berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada waktu-waktu tertentu dan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan kunjungan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Cibuntu Adang memberikan tips-tips berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu:

Acara Sedekah Bumi di Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.Dokumentasi Desa Wisata Cibuntu Acara Sedekah Bumi di Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.

Memilih waktu yang tepat

Tips pertama yang ia berikan adalah memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Ia mengatakan, wisatawan bisa datang pada saat Desa Wisata Cibuntu memiliki aktivitas atau acara menarik.

"Contohnya pada saat ada aktivitas atau event yang lagi digelar masyarakat lokal. Jadi selain menikmati keindahan alam di obyek, sekaligus mendapatkan dan melihat kebudayaan lokal yang masih kita junjung," kata Adang saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Salah satu contoh acara itu adalah Sedekah Bumi. Acara ini adalah acara adat syukuran atas segala rezeki dan berkah Tuhan kepada masyarakat Desa Cibuntu.

"Kita lestarikan alam lingkungan lewat acara itu. Tiap tahun diadakan tepatnya bulan Oktober," tambah dia.

Untuk itu, wisatawan yang ingin melihat acara Sedekah Bumi bisa datang ke Desa Wisata Cibuntu pada Oktober setiap tahunnya.

Salah satu hasil kerajinan tangan di Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.Dokumentasi Desa Wisata Cibuntu Salah satu hasil kerajinan tangan di Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.

Jika datang rombongan, reservasi ke pihak Pokdarwis

Wisatawan yang datang perseorangan atau individu bisa datang dengan membayar tiket masuk langsung di tempat Desa Wisata Cibuntu.

Baca juga: Mengenal Desa Wisata Cibuntu yang Jadi Juara Tingkat ASEAN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com