Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2020, 09:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika sudah rindu akan Pulau Dewata, tetapi belum menemukan waktu tepat untuk liburan ke sana, kamu bisa berkunjung ke Kitagawa Pesona Bali di Wonogiri, Jawa Tengah.

Tempat wisata yang sempat dikunjungi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Februari 2020 ini dijuluki sebagai “Kampung Bali” lantaran menawarkan nuansa Pulau Dewata.

“Awalnya karena keinginan ayah ingin membuat wisata berkonsep Bali yang tidak jauh-jauh di Bali langsung, tapi di Wonogiri,” kata salah satu Pengelola Kitagawa Pesona Bali Andi Eka Setiawan kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Mengenang Perkampungan yang Kini Menjadi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Dia melanjutkan, tempat wisata berkonsep Bali ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Bali kepada masyarakat di Wonogiri, juga calon wisatawan mancanegara (wisman) yang akan berkunjung ke sana.

Menurut Andi, meski tidak 100 persen mirip Bali, wisatawan yang selama ini hanya bisa melihat Pulau Dewata dari internet bisa berkunjung terlebih dahulu ke Kitagawa Pesona Bali.

“Wisata dapat, pengalaman dapat, kuliner dapat. Seperti di Ubud,” ujar Andi.

Banyak spot foto kekinian

Selama berkunjung ke sana, wisatawan bisa berfoto-foto hampir di setiap sudut tempat wisata lantaran area telah didesain sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Mulai dari gapura emas, deretan lebih kurang 20 saung berlatar belakang perbukitan dan persawahan, meja kayu dengan pemandangan yang apik, bangunan Villa Abimana, hingga dua patung penari.

“Hampir di semua sudut Pesona Bali memang pemandangannya bagus. Yang paling digemari wisatawan adalah gapura emas, patung penari, dan spot meja kayu,” ungkap Andi.

Bagi wisatawan yang membawa anak, mereka tidak perlu khawatir karena pihak tempat wisata sudah menyediakan area bermain anak.

Selain itu, ada juga area yang memiliki beberapa hewan seperti ikan dan bebek yang letaknya tidak terlalu jauh dari area bermain tersebut.

Baca juga: 4 Kegiatan Wisata Menarik di Kampung Bali Wonogiri, Lihat Tari Bali

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com