Penumpang KA Jarak Jauh Diimbau Tes Rapid H-1 Keberangkatan

Kompas.com - 26/10/2020, 08:08 WIB
Petugas membersihkan kaca di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas membersihkan kaca di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19.

KOMPAS.com – Jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan jelang libur panjang pada akhir Oktober 2020.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Minggu (25/10/2020), peningkatan jumlah penumpang terlihat dari data pemesanan tiket.

Per Sabtu (24/10/2020), data pemesanan tiket menunjukkan angka tertinggi untuk keberangkatan antara Selasa (27/10/2020) dan Rabu (28/10/2020) dengan masing-masing volume sekitar 7.270 dan 7.679 penumpang.

Adapun, data masih dapat berubah lantaran masih terdapat pemesanan tiket secara online. Jumlah rata-rata penumpang per hari pada libur panjang bertambah dua kali lipat.

Baca juga: Jadwal KA dari Jakarta Bulan Oktober 2020, Ada 19 Kereta Api

Dibandingkan akhir pekan lalu. Jumat (16/10/2020), volume penumpang berada di angka 2.876 dengan total KA yang dioperasikan sebanyak 18 KA.

Guna mengakomodasi kebutuhan pengguna jasa KA yang mengalami peningkatan, selama periode libur panjang di area Daop 1 Jakarta akan tersedia hingga 27 perjalanan KAJJ per hari.

Adapun, keberangkatan awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota. Meningkatnya penumpang KA juga berdampak pada padatnya antrean tes rapid di stasiun.

Pada Sabtu dan Minggu, layanan tes rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang.

Risiko tertinggal kereta

Para calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan tes rapid diimbau untuk melakukannya sehari sebelum jadwal keberangkatan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X