Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2020, 08:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan jelang libur panjang pada akhir Oktober 2020.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Minggu (25/10/2020), peningkatan jumlah penumpang terlihat dari data pemesanan tiket.

Per Sabtu (24/10/2020), data pemesanan tiket menunjukkan angka tertinggi untuk keberangkatan antara Selasa (27/10/2020) dan Rabu (28/10/2020) dengan masing-masing volume sekitar 7.270 dan 7.679 penumpang.

Adapun, data masih dapat berubah lantaran masih terdapat pemesanan tiket secara online. Jumlah rata-rata penumpang per hari pada libur panjang bertambah dua kali lipat.

Baca juga: Jadwal KA dari Jakarta Bulan Oktober 2020, Ada 19 Kereta Api

Dibandingkan akhir pekan lalu. Jumat (16/10/2020), volume penumpang berada di angka 2.876 dengan total KA yang dioperasikan sebanyak 18 KA.

Guna mengakomodasi kebutuhan pengguna jasa KA yang mengalami peningkatan, selama periode libur panjang di area Daop 1 Jakarta akan tersedia hingga 27 perjalanan KAJJ per hari.

Adapun, keberangkatan awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota. Meningkatnya penumpang KA juga berdampak pada padatnya antrean tes rapid di stasiun.

Pada Sabtu dan Minggu, layanan tes rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang.

Risiko tertinggal kereta

Para calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan tes rapid diimbau untuk melakukannya sehari sebelum jadwal keberangkatan.

Jika mereka tetap ingin melakukan tes rapid pada hari keberangkatan, calon penumpang tidak disarankan datang tiga jam sebelum keberangkatan.

Hal itu untuk menghindari risiko tertinggalnya KA, mengingat padatnya antrea tes rapid di stasiun.

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh Saat New Normal

Pilihan lain yang dapat dilakukan adalah mengambil tes rapid di sejumlah klinik terdekat yang menyediakan fasilitas tersebut.

Di area Daop 1 Jakarta, layanan tes rapid dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Jam operasionalnya pukul 07.00–19.00 WIB dengan biaya Rp 85.000.

Para calon penumpang KA yang ingin melakukan tes rapid di stasiun harus memiliki kode pemesanan tiket KAJJ yang telah terbayar lunas.

Ilustrasi Kereta Api.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Ilustrasi Kereta Api.

Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat tes rapid, mereka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan KA.

Tiket akan dilakukan pengembalian bea 100 persen di luar bea pesan. Calon penumpang disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Baca juga: 12 Stasiun Kereta Api dengan Layanan Rapid Test, Harga Rp 85.000

Untuk ketentuan reservasi tiket KA, saat ini tiket dapat dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan lewat aplikasi KAI Access atau channel eksternal yang telah bekerja sama.

Pelayanan tiket di loket stasiun hanya melayani penumpang goshow 30 menit sebelum KA berangkat. Untuk informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap, penumpang dapat melihat situs resmi PT KAI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com