Wisata ke 3 Curug Sentul, Ini Panduan Lengkapnya

Kompas.com - 30/10/2020, 14:10 WIB
Suasana di Curug Hordeng di Kampung Cibereum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020). Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati wisata curug dan trekking menuju 3 destinasi curug yaitu curug cibuliar, curug kembar dan curug hordeng. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESSuasana di Curug Hordeng di Kampung Cibereum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020). Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati wisata curug dan trekking menuju 3 destinasi curug yaitu curug cibuliar, curug kembar dan curug hordeng.

KOMPAS.com - Kawasan Sentul dan sekitarnya punya segudang tempat wisata menarik, salah satunya bertema alam. Wisata alam yang kini lagi hits di Sentul adalah curug atau air terjun. 

Kompas.com berkesempatan megunjungi tiga curug di dekat Sentul, yakni Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng.

Masing-masing curug menawarkan pesona dan pemandangan yang ciamik. Ada curug yang tinggi, kembar hingga berbentuk seperti tirai.

Jika tertarik wisata ke tiga curug Sentul tersebut, berikut panduan lengkap dari Kompas.com, mulai dari aktivitas hingga harga serta rute.

Apa yang menarik dari 3 curug Sentul?  

Curug Ciburial memiliki ketinggian lebih kurang 10 meter. Curug ini memiliki kolam alami dengan kedalaman lebih kurang 6 meter.

Jika bisa berenang, wisatawan bisa langsung terjun dan menyelam hingga ke dasar kolam.

Untuk yang tidak bisa berenang, jangan khawatir, karena bisa bermain air di bawah air terjun dan merasakan kesegaran alami.

Sementara itu, Curug Kembar memiliki dua air terjun mengalir secara bersamaan. Jika dilihat memang dua air terjun ini tampak kembar karena berdiri berdampingan dengan tinggi sama sekitar 10 meter.

Aliran air pun tampak bersih dan jernih, sama dengan Curug Ciburial. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini tentu berenang karena air tak cukup dalam sekitar 2 meter.

Terakhir, Curug Hordeng memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 720 mdpl. Wisatawan bisa melihat bentuk air terjun yang lebar dengan aliran air bersih dan jernih.

Air terjun yang lebar tersebut tampak seperti tirai atau hordeng. Pantas saja jika curug ini dinamakan warga setempat Curug Hordeng karena bentuknya yang mirip tirai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di curug ini adalah berenang dan menikmati kesejukan yang ada di sana.

Baca selengkapnya tentang Trekking 3 Curug di Sentul, Wisata Alam Hits di Bogor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X