Libur Panjang, 30.000 Orang Lebih Bertolak dari Jakarta Naik KA

Kompas.com - 30/10/2020, 20:41 WIB
Ilustrasi kereta api, KA Ranggajati ShutterstockIlustrasi kereta api, KA Ranggajati

KOMPAS.com – Libur panjang membuat jumlah penumpang kereta api yang bertolak dari Jakarta bertambah.

Menurut rilis resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (30/10/2020), PT KAI Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan 30.470 penumpang dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota pada periode libur panjang, Selasa-Jumat (27-30 Oktober 2020).

Para penumpang itu bertolak ke berbagai tujuan di Pulau Jawa, beberapa di antaranya yang paling favorit adalah Yogyakarta, Bandung, Provinsi Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

PT KAI juga tetap melakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat di stasiun dan dalam kereta.

Baca juga: Agar Tak Terlambat, Penumpang KA Diimbau Rapid Test H-1 Keberangkatan

Calon penumpang masih harus melampirkan hasil rapid atau PCR test sebelum berangkat. Mereka juga akan dicek suhu tubuhnya.

Jika hasil tes reaktif atau positif, juga suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius, maka mereka tidak diperkenankan naik KA dan biaya tiket dikembalikan sepenuhnya.

Para penumpang juga mendapat fasilitas face shield yang wajib dipakai sepanjang perjalanan KA sampai stasiun tujuan. Petugas juga akan memeriksa suhu tubuh penumpang secara berkala.

PT KAI juga sudah menyiapkan fasilitas penunjang untuk penerapan protokol kesehatan, seperti penambahan perangkat cuci tangan dan hand sanitizer, juga pemasangan tanda batas jarak fisik di stasiun dan kereta.

Operasikan 27 KA tambahan

Guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengoperasikan KA tambahan secara bertahap hingga 27 KA per hari.

Pengoperasian KA tambahan itu dilakukan mulai Selasa (27/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

Ilustrasi Kereta Api.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Ilustrasi Kereta Api.

Dari seluruh 27 KA tambahan, 12 di antaranya berangkat dari Stasiun Gambir, 13 KA dari Stasiun Pasar Senen, dan 2 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Meski menambah jumlah perjalanan KA, okupansi penumpang tetap dibatasi maksimal sebanyak 70 persen dari kondisi normal.

Adapun, jadwal perjalanan KA selengkapnya dapat dilihat melalui aplikasi KAI Access, situs web resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan media sosial @keretaapikita @kai121_.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X