8 Aktivitas Wisata dan Risikonya Saat Pandemi

Kompas.com - 04/11/2020, 20:17 WIB
Ilustrasi camping Shutterstock/anatoliy_glebIlustrasi camping


KOMPAS.com – Banyak prinsip terkait protokol kesehatan yang harus dilakukan sepanjang waktu, termasuk saat liburan untuk menjamin keamanan dan kesehatan diri.

Menurut Advokat Vaksin dan Dokter Penyakit Dalam dr. Dirga Sakti Rambe, menanamkan betap pentingnya penerapan protokol kesehatan pada masyarakat sangatlah penting.

Hal itu ia sampaikan ketika menjadi narasumber dalam sesi webinar “Strategi Pemulihan ‘Bounce Back Quickly’ Pariwisata di Masa Pandemi” yang digelar Kemenparekraf, Rabu (3/11/2020).

Salah satu hal yang perlu kamu pelajari sebelum berlibur adalah mengenali risiko penularan Covid-19 dalam aktivitas liburan yang akan kamu lakukan.

"Ini ada yang kita sebut Covid-19 risk indeks. Jadi apa pun kegiatan kita pada situasi apa pun kita tahu bahwa kegiatan saya itu risikonya rendah, sedang, atau tinggi," kata dr Dirga.

Baca juga: 4 Tempat Camping di Purwakarta, Cocok untuk Tempat Santai

Dengan mengetahui risiko tersebut, diharapkan masyarakat akan punya kesadaran ketika akan melakukan suatu hal yang memiliki risiko penularan tinggi maka lebih baik ditunda dulu.

Empat kategori yang harus dipertimbangkan

Ada empat kategori yang harus dipertimbangkan ketika kamu memilih aktivitas liburan, yakni kerumunan, ruangan tertutup, kontak jarak dekat, dan kesulitan menjaga jarak.

“Pertama banyak orang enggak ya? Kedua, tertutup atau terbuka? Ketiga, bisa jaga jarak enggak? Keempat, sulit jaga jarak atau enggak?” tutur dr. Dirga.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X