Rute Sepeda Yogyakarta Perpanjang Lama Tinggal Wisatawan

Kompas.com - 11/11/2020, 09:50 WIB
Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja. ShutterstockTugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.

KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut rute wisata sepeda di Yogyakarta berdampak positif terhadap hotel.

Dilansir dari Antara, rute wisata sepeda yang mengitari berbagai kampung berefek memperpanjang lama tinggal wisatawan.

“Rute sepeda wisata yang ditawarkan ini laris manis. Banyak diminati tamu hotel. Mereka bahkan rela memperpanjang lama tinggal untuk mencoba rute lainnya,” kata Ketua PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana di Yogyakarta, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Rute Sepeda di Yogyakarta, Jelajah Kampung hingga Belajar Batik

Menurut dia, wisatawan biasanya mencoba satu rute dalam satu hari. Lalu, saat mendengar rute lainnya juga menarik untuk dijelajahi, mereka memutuskan memperpanjang lama tinggal untuk mencoba rute lainnya.

Di Kota Yogyakarta saat ini terdapat lima rute sepeda wisata. Rute tersebut dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan masing-masing rute memiliki keunikan.

“Banyak wisatawan yang tertarik, terlebih saat ini kegiatan bersepeda sedang menjadi tren gaya hidup,” katanya.

Baca juga: 5 Jalur Sepeda di Yogyakarta, Bisa Sambil Wisata dan Susur Kampung

Tamu hotel bisa membawa sepeda secara mandiri. Jika tidak membawa sepeda sendiri, lanjut Deddy, maka pihak hotel juga bekerja sama dengan Jogjabike untuk penyediaan sepeda bagi tamu yang ingin menjelajahi rute wisata sepeda.

“Untuk saat ini peminjaman sepeda dari Jogjabike masih gratis. Bahkan ada pemandu yang menemani wisatawan berkeliling,” katanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X