Kompas.com - 23/11/2020, 10:10 WIB
Seorang pengunjung belajar menunggangi kuda di Sekolah Berkuda Wisata Selorejo, Kabupaten Malang, Sabtu (21/11/2020). KOMPAS.COM/ANDI HARTIKSeorang pengunjung belajar menunggangi kuda di Sekolah Berkuda Wisata Selorejo, Kabupaten Malang, Sabtu (21/11/2020).

MALANG, KOMPAS.comKuda merupakan hewan jinak yang bisa ditunggangi manusia. Berkuda pun menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat berwisata.

Meski begitu, bukan berarti kuda tidak membahayakan, sehingga penting mengatahui kondisi kuda. Salah satunya adalah dengan isyarat telinganya.

Instruktur Sekolah Berkuda di Wisata Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang Said Mukhtarom mengatakan bahwa posisi telinga kuda menunjukkan kondisi kuda tersebut.

Baca juga: Asyik, Ada Wisata Berkuda di Pekanbaru, Tertarik Coba?

Menurut dia saat telinga mengarah atau condong ke depan, kuda sedang fokus terhadap lingkungan di depannya.

“Kalau telinga kuda condong ke depan, dia melihat ke arah depan,” kata Said kepada Kompas.com, Sabtu (21/11/2020).

Berbeda dengan ketika telinga kuda mengarah ke samping. Itu, tandanya kuda sedang berkomunikasi dengan rekannya.

Seorang anak belajar menunggangi kuda di Sekolah Berkuda Wisata Selorejo, Kabupaten Malang, Sabtu (21/11/2020).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Seorang anak belajar menunggangi kuda di Sekolah Berkuda Wisata Selorejo, Kabupaten Malang, Sabtu (21/11/2020).

“Kalau telinga kuda ke samping, dia berkomonukasi dengan temannya, teman sesama kuda maksudnya,” ujar dia.

Sedangkan ketika telinga kuda condong ke belakang menunjukkan bahwa kuda itu sedang marah. Pada kondisi seperti ini, kuda itu akan bereaksi dan bisa membahayakan.

“Kalau seperti ini, kuda sudah tidak nyaman. Mungkin karena kondisi perutnya atau yang menunggang tidak enak. Bisa juga karena dipaksa (ditunggangi) dalam keadaan lapar,” imbuh Said.

Baca juga: Asyik, Ada Wisata Berkuda di Pekanbaru, Tertarik Coba?

Jika kuda sedang tidak nyaman atau marah, maka kuda akan bereaksi. Reaksinya bisa menendang atau menggigit.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X