Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Berwisata ke Kebun Buah Mangunan, Negeri di Atas Awan

Kompas.com - 07/12/2020, 16:31 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata ini merupakan kebun buah dengan gardu pandang yang memperlihatkan pemandangan indah dari ketinggian.

Dengan pemandangan kabut yang mengkuti alur Sungai Oya dan perbukitan di sekelilingnya dari ketinggian, tempat ini juga jadi salah satu akternatif tempat berwisata di Yogyakarta ketika akhir pekan.

Baca juga: Kebun Buah Mangunan, Keindahan Sungai Kabut bagai Negeri di Atas Awan

Saat ini Kebun Buah Mangunan masih buka secara normal di masa pandemi. Namun sebelum berwisata ke sana ada baiknya jika kamu menyimak beberapa tips berikut agar kegiatan wisatamu semakin nyaman:

1. Datang pagi hari saat baru buka

Pagi hari merupakan saat paling tepat untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Kamu bisa datang antara pukul 05.00-06.00 WIB.

Jika datang pada waktu itu, kamu akan bisa menikmati keindahan kabut putih, sehingga membuat kamu Seolah berada di negeri di atas awan.

Keindahan pemandangan di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta, bagai negeri di atas awan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Keindahan pemandangan di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta, bagai negeri di atas awan.

Jika sampai kesiangan, biasanya kabut akan makin naik dan menutupi pemandangan indah yang tersaji saat masih pagi.

Adapun, jam buka Kebun Buah Mangunan adalah pukul 05.00-10.00 WIB dan pukul 14.00-17.30 WIB.

2. Datang saat musim hujan

Penampakan kabut tersebut terlihat berkelok menyerupai Sungai Oya yang berada di bawah. Untuk bisa mendapatkan pemandangan ini kamu perlu siasat tertentu.

Pasalnya, menurut pengelola Kebun Buah Mangunan yang tidak mau disebutkan namanya kepada Kompas.com, kabut biasanya hanya muncul di musim penghujan.

Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta. DOK. BIRO KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAREKRAF/SENDY A SAPUTRA Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta.

“Untuk kabut lebih banyak di musim penghujan. Jadi ketika musim kemarau ada kalanya sama sekali tidak ada kabut,” kata pengelola itu.

Apalagi jika Yogyakarta mengalami hujan di hari sebelumnya, maka biasanya kabut yang terlihat akan semakin tebal. Akan tetapi jika hujan turun sampai pagi, kabut akan terlalu tebal, sehingga menghalangi pemandangan.

Baca juga: Wisata ke Kebun Buah Mangunan Yogyakarta, Ini Waktu Terbaiknya

Jika tak mendapatkan penampakan kabut, tak perlu khawatir. Kamu masih bisa menikmati pemandangan indah Yogyakarta dari gardu pandang, terlebih jika cuaca cerah.

Dari sana, kamu dapat menyaksikan Sungai Oya yang berkelok, Kabupaten Bantul dari ketinggian, Jembatan Gantung Selopamioro, dan Pantai Parangtritis di kejauhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com