Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2021, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comTaman Impian Jaya Ancol resmi membuka kembali seluruh kawasan untuk kegiatan wisata sejak Sabtu (2/1/2021) setelah tutup pada 25 dan 31 Desember 2020, serta 1 Januari 2021.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu (3/1/2021) melalui informasi yang tertera dalam akun Instagram @ancoltamanimpian, seluruh tempat rekreasi termasuk Dufan dan Sea World sudah kembali menerima wisatawan.

Baca juga: 5 Perbedaan Wisata Ancol antara PSBB Transisi Jilid 2 dan 1, Apa Saja?

“Hai Ancolovers, senangnya kita besok ketemu lagi. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatannya yah. Biar kita bisa pulih bareng bareng dan mengawali tahun 2021 ini dengan bahagia,” seperti tertera dalam unggahan pada Jumat (1/1/2021).

Dalam pembukaan kembali, pihak tempat wisata memberi sejumlah promo yang dapat dimanfaatkan oleh calon pengunjung.

Menurut informasi dalam https://www.ancol.com, pembelian minimal empat tiket Dufan akan mendapatkan harga Rp 199.000 per tiket.

Sementara untuk pembelian minimal dua tiket, harga satu tiketnya adalah Rp 225.000. Adapun, promo tersebut berlaku hingga 10 Januari 2021.

Baca juga: Jalan-jalan ke Dufan, Menikmati Istana Boneka Sendirian

Ada juga promo Dufan Annual Pass seharga Rp 325.000 untuk liburan di sana secara gratis sepanjang 2021. Promo tersebut berlaku hingga 11 Januari.

Jika ingin berkunjung ke Dufan, saat ini pihak tempat wisata hanya mengoperasikan sejumlah wahana, yakni Turangga-rangga, Kora-kora, Halilintar, Istana Boneka, dan Alap-alap.

Selanjutnya, ada Turbo Drop, Zig Zag, New Ontang anting, Hysteria, Baling-baling, Burung Tempur, Bianglala, Arung Jeram, Niagara, dan Kereta Misteri.

Pengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.

Protokol kesehatan di kawasan Ancol

Selama new normal, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menerapkan beragam protokol kesehatan yang wajib dipatuhi calon wisatawan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut telah Kompas.com rangkum:

  • Pembelian tiket masuk hanya dilakukan secara daring di situs resmi Ancol, aplikasi Ancol App, Traveloka, Tokopedia, JDID, Tiket.com, Gotix, Blibli.com, dan Shopee
  • Pengunjung yang tidak memiliki barcode dari pembelian tiket secara daring tidak diperkenankan untuk memasuki kawasan Ancol
  • Pengunjung non-KTP DKI Jakarta diizinkan berkunjung
  • Pengunjung berusia di bawah 9 tahun boleh memasuki Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, Pasar Seni Faunaland, dan Gondola dengan pendamping
  • Pengunjung berusia di atas 60 tahun hanya boleh berolahraga di Pantai Ancol dan Allianz Ecopark
  • Pengunjung berusia di atas 60 tahun dilarang memasuki Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, Faunaland, dan Gondola untuk berekreasi
  • Pengunjung tidak memiliki riwayat penyakit penyerta/komorbid dan/atau kondisi yang dapat berakibat fatal apabila terpapar Covid-19
  • Pengunjung wajib mematuhi aturan 3M atau menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer
  • Seluruh pembayaran dalam kawasan Ancol atau tempat rekreasi diimbau untuk dilakukan secara non-tunai

Tutup selama Nataru

Sebelumnya, pihak tempat wisata menutup kawasan Ancol dalam rangka mengantisipasi keramaian wisatawan periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Baca juga: Dufan Kembali Buka, Tanpa Antrean dan Naik Halilintar Cuma Berenam

Selama penutupan, kawasan Ancol tidak menyelenggarakan pesta kembang api seperti tahun-tahun sebelumnya untuk merayakan pergantian tahun.

Meski ditutup, pengunjung yang sudah melakukan pemesanan pada salah satu hotel yang berada di dalam kawasan tetap bisa menginap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com