Kompas.com - 08/02/2021, 12:46 WIB
Kapal pesiar MS Thurgau di Thurgau, Swiss yang dijadikan sebagai tempat vaksinasi Covid-19 (dok. Thurgau Tourismus | https://www.bodensee.de/). dok. Thurgau Tourismus | https://www.bodensee.de/Kapal pesiar MS Thurgau di Thurgau, Swiss yang dijadikan sebagai tempat vaksinasi Covid-19 (dok. Thurgau Tourismus | https://www.bodensee.de/).

 

KOMPAS.com – Sebuah kapal pesiar berusia 89 tahun diubah menjadi tempat vaksinasi Covid-19 bagi ribuan penduduk kota-kota di Lake Constance, Swiss pada Selasa (2/2/2021).

Melansir Reuters.com, Selasa, kapal pesiar tersebut sempat tidak beroperasi karena pandemi Covid-19.

Biasanya, MS Thurgau yang berkapasitas 500 orang kerap mengangkut wisatawan dan masyarakat pergi dari dan ke Jerman dan kota-kota di danau terbesar ketiga di Eropa tersebut.

Baca juga: Kisah di Balik Landmark Kota Jenewa di Swiss, Awalnya Kesalahan Teknis

Dalam beberapa pekan mendatang, kapal pesiar tersebut akan dialihfungsikan menjadi tempat pemberian vaksin terapung untuk kota-kota di Swiss utara, yakni Romanshorn, Arbon, dan Kreuzlingen.

Pejabat daerah menekankan kepraktisan kapal karena dapat berlayar dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya pernah mendenga tentang kapal fondue dan kapal spaghetti, tetapi ini adalah kapal vaksin pertama saya,” kata Menteri Kesehatan Swiss Alain Berset, mengutip Reuters.

Baca juga: Rosti Kentang, Kuliner Swiss yang Membawa Kenangan Bagi Kim Jong Un

Swiss melaporkan lebih dari 1.600 infeksi baru pada Selasa. Hal ini membuat negara tersebut memiliki 526.000 kasus Covid-19 dengan kasus varian yang menyebar cepat dua kali lipat setiap minggu.

Selain itu, angka kematian akibat Covid-19 di sana hampir mencapai 8.800 orang.

Vaksin Covid-19 di kapal pesiar

Kapal pesiar MS Thurgau memiliki dua tempat suntik vaksin yang mampu memvaksinasi 24 orang per jam dengan satu orang divaksin setiap lima menit, atau 168 orang divaksin setiap hari selama shift tujuh jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.