Mulai 15 Februari 2021, Stasiun Gambir Layani Pemeriksaan GeNose

Kompas.com - 15/02/2021, 19:07 WIB
Calon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti pemeriksaan sampel napas GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGCalon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti pemeriksaan sampel napas GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.


KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daop 1 Jakarta menambah stasiun penyedia layanan pemeriksaan GeNose C19, yakni di Stasiun Gambir. Layanan ini mulai beroperasi Senin, 15 Februari 2021.

Sebelumnya, Daop 1 Jakarta telah menyediakan layanan tersebut di Stasiun Pasar Senen.

Sementara di luar Jakarta, ada enam stasiun penyedia layanan tersebut yakni; Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Tawang Semarang, dan Stasiun Pasar Turi Surabaya.

Tarif pemeriksaan dengan GeNose C19 yakni Rp 20.000. Pelayanan dilakukan setiap hari pukul 07.00–19.30 WIB.

Baca juga: Daftar 8 Stasiun Penyedia Layanan GeNose Test Beserta Harganya

Pada hari pertama layanan GeNose di Stasiun Gambir, tercatat hingga pukul 13.00 WIB terdapat sekitar 250 calon penumpang yang telah menggunakan layanan tersebut.

“Penambahan lokasi layanan GeNose di Stasiun Gambir merupakan bentuk dukungan KAI pada program pemerintah untuk penerapan protokol kesehatan sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 20 Tahun 2021,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Tercatat ada 18.600 penumpang yang telah melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose C19 di stasiun Daop 1 Jakarta untuk periode 3–14 Februari 2021.

Salah satu penumpang kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta, test menggunakan GeNose Jumat (5/2/2021)Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Salah satu penumpang kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta, test menggunakan GeNose Jumat (5/2/2021)

Dalam SE tersebut, ditetapkan bahwa penumpang kereta api (KA) jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya harus diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Selain syarat tersebut, penumpang juga harus diperiksa suhunya dengan suhu tubuh normal maksimal 37,3 derajak celsius. Pemeriksaan suhu tubuh ini akan dilakukan di stasiun saat akan berangkat dan secara berkala di sepanjang perjalanan.

Baca juga: 9.834 Calon Penumpang KA Gunakan GeNose di Stasiun Pasar Senen

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X