Kompas.com - 18/02/2021, 19:07 WIB
Air Terjun Nglirip di Tuban, Jawa Timur Dok. Instagram @airterjunngliripAir Terjun Nglirip di Tuban, Jawa Timur


KOMPAS.com – Kabupaten Tuban, Jawa Timur tak hanya punya tempat wisata pantai yang cantik. Terdapat pula beberapa wisata air yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari wisata air terjun, danau, hingga kolam pemandian dan mata air, semua ada di sana. Berikut ini daftar tempat wisata air di Tuban seperti dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber:

1. Air Terjun Nglirip

Air terjun Nglirip terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban, Jawa Timur. Air terjun setinggi 29 meter ini menawarkan air yang jernih dan segar berwarna tosca yang dikelilingi pepohonan rindang, sehingga menambah hawa sejuk di sana.

Pengelolanya juga menyediakan beberapa spot foto yang bisa kamu manfaatkan dengan latar belakang menawan.

Di sana juga terdapat fasilitas warung yang menawarkan makanan khas bernama rujak nglirip. Setiap hari libur, pengelola juga mengadakan acara live music untuk menghibur para pengunjung.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air terjun ini buka setiap hari pukul 08.00–17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp 3.000.

2. Air Terjun Banyu Langse

Air terjun Banyu Langse terletak di Jalan Banyu Langse I, Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tepatnya sekitar 10 kilometer (km) dari pusat kota Tuban.

Air Terjun Banyulangse di TubanDok. disparbudpora.tubankab.go.id Air Terjun Banyulangse di Tuban

Tempat ini punya suasana dan pemandangan khas alam perdesaan dengan perbukitan kapur di sekelilingnya.

Banyu Langse memiliki tiga air terjun. Air terjun pertama berada pada tumpukan batu besar berbentuk bulat dengan dua batu di bagian bawah dengan satu batu lagi di bagian atas. Bagian bawahnya memiliki kedalaman lima meter.

Baca juga: Curug Sinom Indah di Banjarnegara , Air Terjun di Tengah Hutan Pinus

Tak jauh dari sana, terdapat air terjun kedua. Air terjun ini berundak dengan batuan besar. Terakhir adalah tingkat ketiga yang lebih kecil dari lainnya. Air terjun kedua dan ketiga ini memiliki ketinggian 10 meter.

3. Air Terjun Sanggrahan

Air terjun yang satu ini bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Tuban. Lokasinya ada di Desa Kedungjambe, Singgahan, Tuban, Jawa Timur.

Air Terjun Sanggrahan di TubanDok. disparbudpora.tubankab.go.id Air Terjun Sanggrahan di Tuban

Sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat indahnya pedesaan, hamparan sawah, dan udara yang segar.

Rasa lelah sepanjang perjalanan akan hilang karena airnya yang begitu jernih. Kamu bisa bermain air, berendam, dan berenang di sana. Air terjun ini buka setiap hari pukul 07.00–17.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X