Kompas.com - 20/02/2021, 10:10 WIB
Tangkapan layar rendering roller coaster Falcon's Flight di Six Flags Qiddiya, Arab Saudi (dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/). dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/Tangkapan layar rendering roller coaster Falcon's Flight di Six Flags Qiddiya, Arab Saudi (dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/).

KOMPAS.com – Sebuah roller coaster baru di Arab Saudi dikatakan akan memecahkan rekor sebagai yang terpanjang, tercepat, dan tertinggi di dunia saat dibuka pada 2023.

Melansir Independent, Jumat (5/2/2021), roller coaster bernama Falcon’s Flight yang merupakan atraksi khas taman hiburan Six Flags Qiddiya itu akan membawa 20 pengunjung dalam rute 4 kilometer (km) dengan kecepatan lebih dari 250 km/jam.

Salah satu manuver dalam perjalanan tiga menit tersebut adalah turunan vertikal menuju lembah sedalam 160 meter.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Arab Saudi, Dune Bashing sampai Menyelam di Laut Merah

Taman hiburan seluas 32 hektar tersebut yang lokasinya berada di luar Kota Riyadh akan dibuka pada 2023. Nantinya, tempat wisata akan memiliki enam area tematik dengan 28 wahana dan atraksi wisata.

Chief Executive Six Flags Qiddiya, Philippe Gas, mengatakan bahwa Falcon’s Flight tidak cocok untuk wisatawan yang penakut.

Tangkapan layar rendering roller coaster Falcon's Flight di Six Flags Qiddiya, Arab Saudi (dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/).dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/ Tangkapan layar rendering roller coaster Falcon's Flight di Six Flags Qiddiya, Arab Saudi (dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Falcon’s Flight akan mendominasi langit Qiddiya, berkelok di sekitar tempat wisata, langsung ke luar tempat wisata, ke atas tebing, dan menuruni permukaan tebing—titik tertinggi dari semua wahana di dunia,” ujarnya, mengutip Independent.

Menurut informasi dalam keterangan pers dari tempat wisata tersebut, mengutip CNN, Jumat, Falcon’s Flight akan menjadi bagian dari City of Thrills bersama dengan Sirocco Tower.

Adapun, Sirocco Tower di tempat wisata tersebut akan menjadi wahana drop-tower tertinggi di dunia.

Baca juga: Arab Saudi Tutup Perbatasan untuk Indonesia, Umrah Ditunda

Tangkapan layar rendering roller coaster Falcon's Flight di Six Flags Qiddiya, Arab Saudi (dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/).dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/ Tangkapan layar rendering roller coaster Falcon's Flight di Six Flags Qiddiya, Arab Saudi (dok. https://content.sixflags.com/qiddiya/).

Wahana pemegang rekor 2021

Sementara Falcon’s Flight masih ditutup untuk umum, saat ini pemegang rekor roller coaster tercepat di dunia adalah Formula Rossa di Ferrari World Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sementara itu, Kingda Ka di Six Flags Adventure di New Jersey, Amerika Serikat memegang rekor sebagai roller coaster paling tinggi di dunia karena memiliki tinggi 139 meter.

Selanjutnya, rekor roller coaster terpanjang di dunia saat ini adalah Steel Dragon 2000 di Nagashima Spa Land di Kuwana, Jepang dengan panjang 2,48 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.