Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2021, 14:16 WIB

KOMPAS.com – Jalur hilir kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang di Kabupaten Bekasi sudah aman untuk dilewati oleh seluruh KA dari area Daop 1 Jakarta mulai Selasa (23/2/2021).

Menurut keterangan pers dari PT KAI dalam situs resminya, sebelumnya jalur tersebut sempat tergerus akibat banjir dan tidak dapat dilalui kereta api pada Minggu (21/2/2021) dan Senin (22/2/2021).

“Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka seluruh kereta api di Daop 1 Jakarta, khususnya dari dan menuju Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi,” kata VP Public Relations PT Kai Joni Martinus.

Baca juga: Cara Bikin Kartu Multi Trip untuk Naik KRL Solo-Yogyakarta

KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29 WIB. Seluruh KA yang melintasi jalur tersebut dibatasi kecepatannya maksimal 10 km/jam.

Namun, secara bertahap kecepatan KA akan ditingkatkan. Joni menjelaskan, petugas KAI telah melakukan berbagai upaya secara terus menerus guna menormalisasi jalur KA.

Selain itu, pihaknya juga telah berupaya untuk menguatkan fondasi, menambah batu balas, serta memadatkan jalur KA menggunakan alat berat.

Perjalanan KA dibatalkan selama dua hari

Sebelumnya, seluruh perjalanan KA Jarak Jauh pada Minggu dan Selasa keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dibatalkan.

Sebab, terdapat genangan banjir mencapai ketinggian hingga 150 sentimeter pada petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang KM 55+100 sampai dengan KM 53+600.

Hingga kini, tim PT KAI masih melakukan normalisasi ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang. Akibatnya, perjalanan kereta dari Bandung ke Jakarta dan sebaiiknya dibatalkan.  Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNG Hingga kini, tim PT KAI masih melakukan normalisasi ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang. Akibatnya, perjalanan kereta dari Bandung ke Jakarta dan sebaiiknya dibatalkan.

Selain menyebabkan jalur rel tergenang, aliran banjir juga mengalir cukup deras, sehingga fondasi batu balas pada rel tergerus.

Baca juga: Naik Kereta Api Bisa Pakai Tes GeNose di Stasiun, Begini Langkahnya

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengakses aplikasi KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121 line (021)121, email cs@kai.id, serta media sosial @keretaapikita dan @kai121_.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+