Kompas.com - 20/04/2021, 07:07 WIB
Sawah Ubud, Bali Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafSawah Ubud, Bali

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan pariwisata Bali akan dibuka untuk turis mancanegara sesuai jadwalnya yaitu pada Juni-Juli 2021.

Sebelumnya, sempat tersebar kekhawatiran akibat naik-turunnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Pulau Dewata tersebut.

Baca juga: Bali Segera Buka Pariwisata Internasional, Persiapan Terus Dilakukan

Menurut infocorona.baliprov.go.id Sabtu (17/4/2021), jumlah kasus terkonfirmasi positif mencapai 169 kasus, lalu meningkat pada Minggu, (18/4/2021) menjadi 172 kasus. Angka tersebut turun hingga 154 kasus terkonfirmasi positif pada Senin (19/4/2021).

Melansir Kompas.com, Rabu (14/4/2021), tercatat zona merah terbanyak ada di Bali dengan lima kabupaten/kota.

Zona merah merupakan wilayah dengan tingkat penularan virus corona tinggi. Terkait hal itu, Sandiaga mengatakan, tidak ada perubahan terhadap jadwal pembukaan.

“Sampai sekarang kita masih on schedule,” kata Sandiaga kepada Kompas.com saat weekly briefing hari Senin (19/4/2021) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholders dan pemangku kepentingan yang lain karena prioritas adalah menekan penularan Covid-19 dan membangkitkan perekonomian serta memulihkan sektor ekonomi kreatif.

Baca juga: 5 Desa Wisata Spesial di Indonesia Versi Sandiaga Uno

Sandiaga menambahkan, jadwal tersebut juga tergantung oleh tiga hal. Pertama, tingkat kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di Bali, terutama di tiga zona hijau pariwisata, yakni di Nusa Dua, Sanur, dan Ubud.

Kedua, testing, tracing, dan treatment atau 3T yang harus ditingkatkan. Dan, ketiga, tingkat vaksinasi dan finalisasi Travel Corridor Arrangement (TCA).

Dalam beberapa minggu atau bulan ke depan, diharapkan sekitar 70 persen atau dua-tiga juta penduduk Bali dapat divaksinasi sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X