Gunung Ciremai dan Gede Pangrango Tutup Pendakian Hingga Idul Fitri 2021

Kompas.com - 20/04/2021, 18:19 WIB
Ilustrasi gunung - Pemandangan Gunung Ciremai dan persawahan. SHUTTERSTOCK / RULI FIRMAN AZIZIIlustrasi gunung - Pemandangan Gunung Ciremai dan persawahan.

KOMPAS.com – Tiga gunung di Jawa Barat, yakni Gede, Pangrango, dan Ciremai menutup kegiatan pendakian hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.

Untuk penutupan Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, hal tersebut diumumkan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai melalui akun Instagram resmi mereka yakni @gunung_ciremai pada Minggu (11/4/2021).

“Pendakian gunung Ciremai akan ditutup pada 13 April sampai 12 Mei 2021,” seperti yang tertera dalam unggahan tersebut berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Catat, Pendaki Wajib Cek Kesehatan di Base Camp Gunung Ciremai

Adapun, pengumuman berdasarkan surat nomor PG.005/T.33.TU/KSA/4/2021 tentang Penutupan Aktivitas Wisata Alam Pendakian Gunung Ciremai.

Surat tersebut menyatakan, penutupan dilakukan dalam rangka pemeliharaan jalur pendakian dan pemulihan ekosistem secara alami.

Kegiatan pendakian Gunung Ciremai akan dibuka kembali pada 13 Mei mendatang. Calon pendaki yang sudah reservasi pendakian pada periode penutupan dapat langsung menghubungi nomor +62813-1350-4355.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski kegiatan pendakian ditutup, namun fasilitas reservasi daring lewat situs bit.ly/BookingGunungCiremai untuk pendakian pasca-penutupan tetap tersedia dengan jam pelayanan yakni setiap hari pukul 08:00-16:00 WIB.

Gunung Gede-Pangrango juga ditutup

Sama halnya dengan Gunung Ciremai, Gunung Gede dan Gunung Pangrango—juga dikenal dengan Gunung Gede Pangrango atau Gunung GePang)—mengumumkan penutupan kegiatan pendakian.

Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat.shutterstock/Dede Sudiana Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat.

Kendati demikian, penutupan gunung tersebut baru akan dilakukan mulai bulan depan menjelang Hari Raya Idul Fitri, menurut informasi dari akun Instagram Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP).

Baca juga: 6 Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango yang Terlihat dari Kemayoran

“Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 H serta menindaklanjuti larangan mudik, kegiatan pendakian ke Gunung Gede dan Gunung Pangrango ditutup sementara pada tanggal 5 s.d 17 Mei 2021,” seperti yang tertera dalam unggahan akun Instagram @tn_gedepangrango, Selasa.

Penutupan tersebut tertera dalam Surat Edaran 601/BBTNGGP/Tek.2/04/2021 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian.

Untuk informasi lebih lanjut, calon pendaki dapat langsung menghubungi nomor (0263) 519415 atau via chat lewat WhatsApp 0263519415.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.