Masa Berlaku PCR dan Antigen untuk KA Jarak Jauh Berubah Jelang dan Pascalarangan Mudik

Kompas.com - 25/04/2021, 11:23 WIB
Ilustrasi Kereta Api. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAIlustrasi Kereta Api.

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan, terdapat perubahan masa berlaku terhadap hasil negatif tes PCR dan rapid test antigen sebagai syarat untuk KA Jarak Jauh.

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, Sabtu (24/4/2021), perubahan berlaku mulai 24 April-5 Mei 2021 dan 18-24 Mei 2021.

Adapun, masa berlaku hasil negatif tes PCR dan rapid rest antigen adalah maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Sebelumnya, hasil tersebut berlaku maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Kendati terjadi perubahan masa berlaku dalam kedua hasil tersebut, hasil negatif dari pemeriksaan GeNose C19 masa berlakunya tetap 1x24 Jam.

Baca juga: Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Terbaru, Berlaku Mulai 1 April 2021

"Perubahan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 13 Tahun 2021," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Dia melanjutkan bahwa dengan adanya perubahan tersebut, masyarakat diharap dapat kembali mengatur waktu perjalanan atau pelaksanaan tesnya.

Harga rapid test antigen di stasiun

Bagi masyarakat yang ingin melengkapi persyaratan naik KA Jarak Jauh, KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan rapid test antigen seharga Rp 85.000 di 42 Stasiun.

Jika ingin menggunakan alternatif lain, pihak KAI juga telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30.000 di 44 Stasiun.

Kondisi rapid test antigen di stasiun.Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNG Kondisi rapid test antigen di stasiun.

Adapun, 42 Stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan rapid test antigen adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya.

Kemudian Stasiun Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Cepu, dan Purwokerto.

Baca juga: Harga Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Jadi Rp 85.000

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X