Kompas.com - 29/04/2021, 08:10 WIB
Gunung Kerinci shutterstockGunung Kerinci

KOMPAS.com- Jalur pendakian dan wisata Gunung Kerinci ditutup untuk wisatawan oleh pihak Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS).

Penutupan akan diberlakukan sementara selama Lebaran yaitu mulai dari 5 Mei sampai 17 Mei 2021.

Baca juga: Jungle Marathon Lintasi Gunung Kerinci

Melalui akun instagram resminya, BB-TNKS mengunggah Surat Edaran tentang ditutupnya jalur pendakian untuk objek wisata Gunung tertinggi di Sumatera tersebut, tertanggal 26 April 2021.

Adapun, Penutupan itu berdasarkan Surat Edaran dengan nomor SE.354/T.1/BIDTEK/KSA/04/2021, tentang Penutupan Sementara Untuk Tujuan Wisata/Pendakian Kawasan Gunung Kerinci.

Baca juga: Pendakian Gunung Kerinci Buka Lagi, Waktu Camping Terbatas Satu Hari

Dalam Surat Edaran tersebut tertulis bahwa BB-TNKS menutup sementara kawasan Gunung Kerinci untuk tujuan wisata/pendakian dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Terkait hal itu, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNKS, Agusman membenarkan bahwa jalur pendakian dan wisata Gunung Kerinci ditutup sementara selama Lebaran.

Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokalKompas.com/Suwandi Para pendaki dari luar negeri saat berpose dengan pendaki lokal

Ia mengatakan, penutupan tersebut dilakukan lantaran adanya kebijakan larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah terhitung tanggal 6-17 Mei sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

"Rata-rata pendaki yang berkunjung ke Kerinci berasal dari luar daerah, dengan adanya larangan mudik ini, otomatis pengunjung terkendala menuju pintu masuk objek wisata Gunung Kerinci, jadi kami memutuskan untuk menutup jalur pendakian wisata Gunung Kerinci," ujar Agusman saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (28/4/2021).

"Tapi, mulai tanggal 18 Mei 2021, Gunung Kerinci sudah bisa dikunjungi lagi," lanjutnya.

Baca juga: Pendakian Gunung Rinjani Tutup 12-14 Mei 2021, Kenapa?

Meski pendakian dan wisata Gunung Kerinci ditutup sementara, namun wisata Gunung Tujuh tetap dibuka, dan bisa dijadikan alternatif bagi wisatawan untuk melakukan pendakian gunung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X