Kompas.com - 28/04/2021, 19:03 WIB
Bendungan Karangkendal atau Kendalsari di Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABendungan Karangkendal atau Kendalsari di Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Keindahan pemandangan alam dan aktivitas menarik yang ditawarkan objek wisata Bendungan Kendalsari di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, membuat tempat ini berpotensi menarik perhatian para wisatawan.

Objek wisata yang menampilkan pemandangan Gunung Merapi itu terletak di Dukuh Karangkendal RT.12/ RW.05.

Baca juga: Bendungan Kendalsari, Obyek Wisata Tersembunyi di Lereng Gunung Merapi

Sembari berlibur di sana, jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat wisata alam di dekatnya yang tidak kalah memesona.

Berikut empat tempat wisata alam di sekitar objek wisata Bendungan Kendalsari yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (28/4/2021):

1. Dusun Girpasang

Dusun Girpasang adalah sebuah kampung terpencil yang terletak di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Dusun ini hanya berjarak sekitar empat kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi.

Gondola khusus wisatawan di Dusun Girpasang, Klaten.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gondola khusus wisatawan di Dusun Girpasang, Klaten.

Pemandangan alam yang disuguhi Desa Tegalmulyo terbilang cukup unik lantaran lokasinya dekat dengan Gunung Merapi. Alhasil, pepohonan dan tanaman pun tumbuh dengan subur di sana.

Baca juga: 8 Pesona Dusun Girpasang di Klaten, Naik Gondola sampai Trekking

Selain menikmati pemandangan alam, disana pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru, seperti naik gondola, trekking melintasi hutan, berkunjung ke Goa Jepang, mengunjungi Embung Tirto Mulyo, dan wisata kuliner di beberapa tempat makan yang ada disana.

Baca juga: Resmi! Ada Gondola Baru untuk Wisatawan di Dusun Girpasang Klaten

Jika kamu ingin melepas penat, kamu bisa berkunjung ke desa ini.

2. Deles Indah, Kemalang

Deles Indah merupakan sebuah kawasan yang luas dengan pemandangan alam serta udara yang sejuk khas pegunungan.

Baca juga: Kedai Pojok di Kemalang, Klaten, Ngopi Ditemani Gagahnya Gunung Merapi

Dari lokasi objek wisata ini, kamu dapat melihat pemandangan puncak Gunung Merapi dengan jelas.

Aktivitas Gunung Merapi terlihat dari kawasan Deles Indah, Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Senin (11/3/2019). Berdasarkan data pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada (11/3/2019) pukul 06.00 - 18.00 WIB terjadi guguran lava ke arah Kali Gendol sebanyak dua kali dengan jarak luncur 500 meter. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.Aloysius Jarot Nugroho Aktivitas Gunung Merapi terlihat dari kawasan Deles Indah, Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Senin (11/3/2019). Berdasarkan data pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada (11/3/2019) pukul 06.00 - 18.00 WIB terjadi guguran lava ke arah Kali Gendol sebanyak dua kali dengan jarak luncur 500 meter. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X