Menyapa Gagahnya Puncak Gunung Merapi di Kali Talang, Klaten

Kompas.com - 11/06/2019, 19:10 WIB
Puncak Gunung Merapi yang terlihat begitu dekat di obyek wisata Kali Talang, Klaten, Jawa Tengah.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Merapi yang terlihat begitu dekat di obyek wisata Kali Talang, Klaten, Jawa Tengah.

KLATEN, KOMPAS.com – Kebanyakan orang kemungkinan beranggapan jika ingin menyaksikan puncak dan kawah gunung Merapi hanya bisa dilakukan dengan pendakian.

Hal itu memang benar, akan tetapi tentu butuh perjuangan yang tidak mudah dan izin khusus untuk bisa mencapai puncak Gunung Merapi. Terlebih saat ini pendakian Merapi masih ditutup karena aktivitas gunung yang meningkat sejak Mei 2018 silam.

Baca juga: Memandang Gagahnya Merapi dari Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Namun, menyaksikan puncak dan kawah Merapi dari dekat ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Ada satu tempat di Kabupaten Klaten yang memungkinkan wisatawan untuk bisa berada dekat dengan puncak Merapi, yakni Kali Talang.

Obyek Wisata Kali Talang tepatnya berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Jarak Kali Talang dari Kota Klaten adalah sekitar 31 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Puncak Merapi yang terlihat begitu dekat

Kondisi jalan menuju Kali Talang dari Kecamatan Manisrenggo sudah cukup baik. Meski tidak terlalu luas, jalan masih bisa dilalui berbagai kendaraan, mulai sepeda motor hingga mobil.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk tiket masuk (satu sepeda motor). Setelah itu, diperlukan perjalanan melewati jalan setapak selama sekitar lima menit sampai di spot panorama.

Kawah gunung Merapi dilihat dari Kali Talang dengan lensa zoom.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kawah gunung Merapi dilihat dari Kali Talang dengan lensa zoom.

Sesampainya di spot panorama, puncak Gunung Merapi yang terdiri dari pasir dan batu akan terlihat sangat jelas dengan catatan cuaca saat itu sedang cerah. Menuju puncak rasanya seolah hanya butuh waktu beberapa menit saja.

Kawah Merapi yang mengeluarkan asap belerang juga terlihat cukup jelas. Jika membawa lensa tele atau zoom, area kawah Merapi dan kubah lava yang menggelembung akan tampak lebih jelas lagi.

Foto berlatar belakang puncak Merapi

Puncak Merapi yang begitu jelas itu merupakan latar belakang foto yang sangat keren. Ada beberapa spot foto yang pas untuk mengambil gambar dengan latar belakang tersebut, seperti jembatan kayu atau gazebo.

Pengunjung harus membawa perangkat fotografi sendiri karena tidak ada jasa foto di Kali Talang ini. Berbagai perangkat, mulai dari kamera smartphone hingga kamera DSLR atau Mirorrles semuanya pas digunakan untuk memotret di sini.

Baca juga: Candi Morangan, Reruntuhan Masa Lalu di Selatan Merapi

Namun untuk menghasilkan jepretan latar belakang Gunung Merapi yang begitu dekat, dibutuhkan perangkat yang tidak biasa. Perangkat itu adalah lensa zoom atau tele dengan panjang fokal lebih dari 100 mm.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anggara W. Prasetya (@anggarawepe) on Jun 4, 2019 at 2:07pm PDT

Dengan lensa zoom atau tele, obyek seolah berada sangat dekat dengan puncak Gunung Merapi. Hal itu menjadikan Kali Talang sebagai tempat favorit untuk sekadar berfoto hingga foto pre wedding.

Kali Talang pas dikunjungi saat musim kemarau saat cuaca kemungkinan cerah. Selain itu, pagi hari juga merupakan waktu yang pas karena biasanya cuaca masih cerah sehingga pemandangan ke puncak Merapi tidak terhalang kabut atau awan.




Close Ads X