Kompas.com - 28/04/2021, 18:05 WIB
Bendungan Kendalsari atau Karangkendal di Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABendungan Kendalsari atau Karangkendal di Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Jumlah pengunjung objek wisata Bendungan Kendalsari (BKK) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengalami penurunan setelah dibuka kembali pada bulan Juni 2020.

Hal tersebut diakui oleh Bayan Dusun Karangkendal, Desa Kendalsari, Klaten, Sunarto. Ia menuturkan, penurunan animo pengunjung pada tahun ini mencapai 90 persen.

"Saat-saat ini, pengunjung sudah surut drastis, hampir 90 persen," ujar Sunarto saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Bendungan Kendalsari, Obyek Wisata Tersembunyi di Lereng Gunung Merapi

Padahal, sebelum penutupan objek wisata yang juga terjadi di bulan yang sama, kawasan Bendungan Kendalsari ramai pengunjung.

"Sebelum penutupan pada Juni 2020 yang berlangsung hanya 15 hari, objek wisata BKK masih kedatangan banyak pengunjung sebanyak 75 persen," kata Sunarto.

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran para pengunjung mulai bosan dengan aktivitas wisata di Bendungan Kendalsari.

Baca juga: Wisata Bendungan Kendalsari Sempat Tutup, Kini Sudah Buka Lagi

Kendati demikian, Sunarto mengatakan bahwa pihaknya tidak putus asa. Dalam waktu dekat, mereka berencana untuk menggaet kembali para wisatawan melalui kampanye di media sosial.

Baca juga: Tradisi Padusan di Klaten Tahun Ini Ditiadakan untuk Cegah Kerumunan

Adapun, kampanye tersebut berupa iklan dari objek wisata Bendungan Kendalsari.

“Meskipun sepi pengunjung, kami akan berusaha untuk menarik perhatian para pengunjung lagi lewat iklan di media sosial,” kata Sunarto.

Tidak memberlakukan pembatasan pengunjung

Lebih lanjut, Sunarto menambahkan bahwa saat ini objek wisata Bendungan Kendalsari tidak menerapkan pembatasan wisatawan, lantaran tempat wisata itu justru sedang mengalami penurunan jumlah pengunjung yang drastis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X