Kompas.com - 11/04/2021, 12:33 WIB
Gondola khusus wisatawan di Dusun Girpasang, Klaten. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAGondola khusus wisatawan di Dusun Girpasang, Klaten.

 

KOMPAS.comDusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah kini sudah memiliki gondola untuk mengangkut wisatawan ke sana.

“Iya betul (sudah ada). Kalau launching sudah dengan Bupati. Tapi masih tahap penyelesaian, belum diefektifkan untuk pemakaian,” kata Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno, kepada Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Dusun Girpasang Klaten Diusulkan Jadi Tempat Wisata, Apa yang Menarik?

Adapun, tahap penyelesaian yang dimaksud adalah pengecatan fasilitas. Perkiraan gondola bisa digunakan oleh wisatawan adalah sekitar satu minggu lagi.

Sejak diresmikan Bupati Klaten Sri Mulyani, hingga saat ini gondola yang berada pada ketinggian 150-an meter dari jurang tersebut masih belum digunakan selain untuk uji coba.

Harga tiket gondola Dusun Girpasang Klaten

Sutarno mengatakan, penduduk Dusun Girpasang dan sekitar yang hendak menaiki gondola tidak akan dikenakan tarif naik gondola.

Kendati demikian, wisatawan yang tiba dari luar area tersebut akan dikenakan tiket naik gondola Dusun Girpasang sebesar Rp 60.000 per empat orang untuk perjalanan pergi-pulang.

Baca juga: Wisata Kali Talang di Klaten yang Instagramable Berlatar Gunung Merapi

“Bayar karena ini memang untuk tujuan wisata. Kapasitas gondola bisa lebih, tapi biar lebih awet dan aman dibatasi empat orang,” jelas dia.

Terkait wisatawan yang ingin naik gondola secara gratis dengan mengaku sebagai warga setempat, Sutarno tidak ambil pusing lantaran pihaknya sudah hafal penduduk setempat.

Gondola untuk wisatawan di Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (dok. Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno).dok. Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno Gondola untuk wisatawan di Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (dok. Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno).

Durasi dan lokasi gondola Dusun Girpasang

Gondola untuk wisata ke Dusun Girpasang lokasinya tidak jauh dari gondola untuk menangkut barang ke sana, tepatnya di dekat sebuah tempat makan bernama Kedai Pojok.

Saat masa uji coba, Sutarno mengatakan bahwa durasi seseorang berada di gondola adalah sekitar lima menit.

Baca juga: Kedai Pojok di Kemalang, Klaten, Ngopi Ditemani Gagahnya Gunung Merapi

“Di atas jurang bisa dibuat pelan-pelan (untuk foto). Finish dekat pendopo milik desa, persis di 1.001 tangga,” imbuh Sutarno.

Gondola untuk mengangkut barang

Sebelumnya, Dusun Girpasang hanya memiliki sebuah gondola untuk mengangkut barang yang dibutuhkan sehari-hari.

Warga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya begitu terpencil dan terpisah dari desa lain oleh jurang cukup dalam. Untuk mencapai Girpasang juga bisa melewati jalan setapak di bibir jurang sedalam sekitar 150 meter.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Warga menyeberang menggunakan gondola menuju Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020). Dusun Girpasang terletak di lereng Gunung Merapi. Lokasinya begitu terpencil dan terpisah dari desa lain oleh jurang cukup dalam. Untuk mencapai Girpasang juga bisa melewati jalan setapak di bibir jurang sedalam sekitar 150 meter.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke sana harus berjalan menuruni tangga dan jalur selebar 100 meter yang berliku dan di pinggir jurang.

Namun, kini pengunjung sudah bisa menikmati gondola untuk mengangkut manusia yang telah disediakan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X