Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2021, 11:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Yuana Rochma Astuti mengatakan, pihaknya berharap hotel memberi paket staycation bonus hampers bagi tamu hotel yang tidak bisa mudik.

“Kita harap ada kolaborasi dengan Accor Indonesia bikin program seperti Rediscover Indonesia, tapi lebih spesifik untuk masa mudik ini. Seandainya tamu tinggal di hotel, bisa dapat hampers berisik produk ekonomi kreatif,” tuturnya.

Baca juga: Pandemi, Penenun Kain Ulos di Taruntung, Sumatera Utara Makan Pakai Garam

Hal tersebut disampaikan oleh Yuana dalam konferensi pers virtual peluncuran program Rediscover Indonesia & Ramadhan Nusantara Accor Indonesia, Jumat (9/4/2021).

Adapun, Rediscover Indonesia adalah paket menginap dari jaringan hotel Accor yang mempromosikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia.

Yuana melanjutkan, produk ekonomi kreatif tersebut nantinya dapat dikirim para tamu kepada kerabat mereka di kampung halaman.

Seorang pembuat kain tenun di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).SHUTTERSTOCK/BASTIAN AS Seorang pembuat kain tenun di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Itu paket-paket pengiriman menjadi satu paket yang bisa ditawarkan. Kemudian, bikin acara-acara staycation hiburan. Misalkan bisa kolaborasi dengan subsektor seni pertunjukan musik di hotel,” jelas dia.

Menurut Yuana, penawaran paket staycation bonus hampers dapat menghibur masyarakat yang tidak bisa mudik akibat adanya larangan pada 6-17 Mei 2021.

Ajakan beli produk lokal untuk silaturahim

Pada Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (29/3/2021), Menparekraf Sandiaga Uno mengajak masyarakat membeli produk lokal karya anak bangsa untuk silaturahim dengan keluarga.

"Masyrakat bisa didorong untuk dapat bersilaturahmi menggunakan produk-produk ekonomi kreatif. Alangkah baiknya ekonomi kreatif anak bangsa bisa didorong untuk ikut menjadi bagian festive berkaitan dengan mudik," kata dia, mengutip Kompas.com, Selasa (30/3/2021).

Sebagai contoh, jika tidak bisa bertatap muka langsung dengan keluarga di kampung halaman, mereka bisa menggantinya dengan mengirimkan produk ekraf, sehingga industri ekraf juga mendapat momen yang positif dari larangan mudik tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com