Kompas.com - Diperbarui 05/01/2022, 13:19 WIB

KOMPAS.com – Memasuki awal 2022, fenomena tidak biasa terjadi di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Seperti diberitakan Tribun Travel, Selasa (04/01/2022), embun upas kembali menyelimuti kawasan Dieng.

Fenomena ini biasanya terjadi pada puncak musim kemarau, yakni pada Juli hingga September.

Sementara pada awal tahun, yakni Januari, Indonesia, termasuk kawasan Dieng sedang berada di musim hujan.

Karena waktu kemunculannya yang tidak biasa, belum ada wisatawan yang datang menyaksikan fenomena ini.

"Tadi pagi belum ada (wisatawan) yang melihat karena biasnaya Bulan Juli mulainya," kata Kepala UPDT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Sri Utami, seperti dilansir Tribun Travel.

Baca juga: Dieng Beku Awal Januari 2022, Fenomena yang Beda dari Biasanya

Kawasan Candi Arjuna Dieng yang berselimut kabut pada Pagi Hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Candi Arjuna Dieng yang berselimut kabut pada Pagi Hari.

Jika penasaran ingin menyaksikan fenomena embun upas, terdapat dua tempat wisata yang dapat dikunjungi yakni sebagai berikut.

Perlu dicatat bahwa seluruh tempat wisata yang buka di Kabupaten Banjarnegara telah menerapkan protokol kesehatan, serta pembatasan kapasitas kunjungan.

Saat berkunjung, wisatawan wajib memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak, serta tidak bepergian jika sakit.

Apabila tidak bisa masuk ke tempat wisata dan dialihkan untuk pergi ke tempat wisata lain karena kuota kunjungan sudah penuh, ada baiknya kamu patuhi arahan petugas agar dapat berwisata dengan aman dan nyaman.

1. Kawah Sikidang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.