Kompas.com - 11/05/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi - Pelabuhan Gilumanuk yang nampak lenggang, Jumat (24/4/2020). IstimewaIlustrasi - Pelabuhan Gilumanuk yang nampak lenggang, Jumat (24/4/2020).

 

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia resmi berlakukan larangan mudik sejak Kamis (6/5/2021) lalu hingga 17 Mei 2021.

Adapun, larangan perjalanan orang dalam negeri tersebut diberlakukan bagi perjalanan lintas kota/kabupaten/provinsi baik menggunakan transportasi darat, laut, maupun udara.

Hal ini memengaruhi jumlah kedatangan wisatawan yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, menurut data yang diberikan Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Jembrana Bali, Lihat Kerangka Manusia Purba

Dalam data tersebut, kedatangan ke Pulau Dewata pada awal Mei masih terbilang cukup normal dan jumlahnya sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

Pada 1-3 Mei, masing-masing berada pada angka 4.840, 4.934, dan 4.200 kedatangan. Kendati demikian, dua hari menjelang periode larangan mudik, jumlah kedatangan meningkat cukup tajam.

Sebab, pada 4 Mei, jumlah wisatawan yang tiba di Bali adalah 5.707 sementara pada 5 Mei adalah 8.220 orang.

Periode larangan mudik dan segala aturannya

Saat periode larangan mudik tiba, jumlah kedatangan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai menurun sangat tajam.

Berdasarkan data dari Taufan, pada 6 Mei hanya 632 orang saja yang tiba di Pulau Dewata. Jumlahnya terjun bebas dan berkurang sebanyak 7.588 dari kedatangan pada hari sebelumnya.

Baca juga: Bukit Asah Karangasem, Lihat Indahnya Laut Bali dari Ketinggian

Sementara untuk kedatangan pada hari-hari selanjutnya, jumlah penumpang masih berada dalam angka yang terbilang cukup kecil meski fluktuatif.

Pada 7 Mei 2021, jumlah penumpang yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah 513 orang. Selanjutnya pada 8 Mei adalah 625 orang, 9 Mei ada 527 orang, dan 10 Mei ada 441 wisatawan yang tiba.

Ilustrasi Bali - Pura Tanah Lot.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Bali - Pura Tanah Lot.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.